Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Gracia Inggrid Noya, NRP. 21.04.283"

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    PENCEGAHAN PERUNDUNGAN MELALUI PROGRAM ROADMAP OF OUT STANDING EDUCATORS (ROOTS) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 LEMBANG KABUPATEN BANDUNG BARAT
    (Perpustakaan, 2025-10-21) Gracia Inggrid Noya, NRP. 21.04.283; Dr. Epi Supiadi, M.Si; Dra. Popon Sutarsih, M.Pd
    Gracia Inggrid Noya, NRP. 21.04.283. Pencegahan Perundungan Melalui Program Roadmap Of Out Standing Educators (ROOTS) di SMA Negeri 2 Lembang. Dibimbing oleh Epi Supiadi dan Popon Sutarsih Penelitian ini mengkaji pencegahan perundungan melalui Program Roadmap of Outstanding Educators (ROOTS) di SMA Negeri 2 Lembang. Perundungan di lingkungan sekolah merupakan isu sosial yang berdampak serius terhadap kesejahteraan psikologis dan perkembangan akademik siswa. Program ROOTS, yang berbasis pendekatan teman sebaya, bertujuan membentuk agen perubahan untuk menciptakan budaya sekolah yang aman, inklusif, dan bebas kekerasan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi terhadap guru BK, ketua program ROOTS, agen perubahan, dan ketua OSIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ROOTS berhasil membangun kesadaran sosial, memperkuat peran guru sebagai pembimbing empatik, dan menciptakan ruang dialog yang aman bagi korban maupun pelaku. Pencegahan dilakukan secara berlapis: primer melalui edukasi nilai, sekunder melalui intervensi dini, dan tersier melalui pemulihan emosional serta pembinaan reflektif. Tantangan yang dihadapi meliputi budaya apatis, minimnya kesadaran pelaku, serta ketakutan korban untuk melapor. Sebagai penguatan, dirancang Program SAPA (Sekolah Aman, Peduli, dan Anti Perundungan) yang mengintegrasikan pelatihan sosial-emosional, sistem pelaporan rahasia, dan keterlibatan orang tua. Penelitian ini menegaskan bahwa pencegahan perundungan membutuhkan pendekatan sistemik, kolaboratif, dan berkelanjutan, serta sinergi antara pendidikan dan pekerjaan sosial dalam membentuk ekosistem sekolah yang sehat secara psikososial. Kata Kunci : Perundungan, ROOTS, Agen Perubahan, Sekolah Inklusif, Pencegahan Berlapis, SAPA

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback