Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Rahayu Annisa Putri, NRP. 21.04.141"

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    STRATEGI COPING STRESS SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR SEKOLAH DI SMK NEGERI 15 KOTA BANDUNG
    (Perpustakaan, 2025-10-21) Rahayu Annisa Putri, NRP. 21.04.141; Dr. Nurjanah, M.Pd.; Dra. Popon Sutarsih, M.Pd.
    Rahayu Annisa Putri, NRP. 21.04.141. Strategi Coping Stres Siswa dalam Menghadapi Ujian Akhir Sekolah di SMK Negeri 15 Kota Bandung. Dosen Pembimbing: Nurjanah dan Popon Sutarsih Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai kesehatan mental, pengaruh emosi terhadap proses belajar, serta pengetahuan tentang strategi coping. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi strategi coping stres yang digunakan oleh siswa kelas XII di SMK Negeri 15 Bandung dalam menghadapi Ujian Akhir Sekolah (UAS). Latar belakang penelitian ini didasari oleh meningkatnya tekanan akademik yang berdampak pada kondisi psikologis siswa, seperti stres, kecemasan, hingga depresi, yang apabila tidak ditangani dengan tepat dapat mengganggu prestasi belajar dan kesejahteraan psikososial mereka. Isu utama dalam penelitian ini adalah ketidaksiapan siswa dalam mengelola stres secara konstruktif, serta minimnya pemahaman terhadap strategi coping yang adaptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dipilih melalui teknik purposive sampling, yaitu tiga siswa kelas XII dari jurusan berbeda yang memiliki pengalaman relevan dalam menghadapi ujian akhir. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teori coping yang digunakan merujuk pada konsep Lazarus dan Folkman, yaitu Problem Focused Coping (PFC) dan Emotion Focused Coping (EFC). Hasil penelitian menunjukkan variasi strategi coping yang digunakan siswa. Pada PFC, terdapat strategi seperti perencanaan belajar dan pengelolaan waktu, meski sebagian menunjukkan perilaku impulsif. Pada EFC, siswa menggunakan berpikir positif, spiritualitas, hiburan, serta pengendalian diri. Namun coping maladaptif seperti menghindari masalah juga masih ditemukan. Sebagai tindak lanjut, peneliti mengusulkan program “Pelatihan Regulasi Emosi dan Strategi Coping” melalui social group work berbasis educational group, untuk membekali siswa keterampilan mengelola emosi dan menerapkan strategi coping adaptif agar mampu menghadapi tekanan akademik dan sosial secara sehat serta menjaga kesehatan mental dan resiliensi. Kata Kunci: Strategi Coping Stres, Siswa SMK, Ujian Akhir Sekolah

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback