PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK NETRA MELALUI KETERAMPILAN VOKASIONAL BARISTA DI SENTRA WYATA GUNA BANDUNG
Loading...
Date
2025-10-21
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Perpustakaan
Abstract
SILVIA NAZILATUL HUSNA, NRP. 21.04.252. Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Sensorik Netra Melalui Keterampilan Vokasional Barista Di Sentra Wyata Guna Bandung. Dosen Pembimbing: YEANE ELLEN MERRY TUNGGA dan NANDANG SUSILA
Pemberdayaan adalah proses pemberian daya atau kekuatan kepada individu atau
kelompok, terutama yang kurang beruntung agar mereka dapat bersaing secara
efektif dan memiliki kontrol lebih besar atas kehidupan mereka. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis bagaimana proses pemberdayaan dapat dilakukan
melalui pelatihan keterampilan vokasional barista bagi penyandang disabilitas netra
di Sentra Wyata Guna Bandung. Secara spesifik penelitian ini meliputi empat aspek
pemberdayaan yaitu sumber daya, pengetahuan, kesempatan, dan keterampilan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Informan yang terlibat dalam peneilitan ini berjumlah 5 orang yaitu dua orang
barista penyandang disabilitas sensorik netra, satu orang pengelola Café More, satu
orang fasilitator program, keterampilan voaksional, dan satu orang instruktur kelas
vokasional barista. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara
mendalam, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan
sekunder dengan menggunakan teknik purposive. Pemeriksaan keabsahan data
menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa proses pemberdayaan yang dilakukan telah
terlaksana dengan cukup baik namun terdapat beberapa kendala yang dialami dalam
proses penyaluran akses jaringan kerja setelah penerima manfaat selesai mengikuti
keterampilan vokasional barista, belum adanya sertifikasi profesi barista secara
resmi bagi penerima manfaat khususnya disabiitas sensorik netra yang mengikuti
kelas keterampilan vokasional barista, serta hambatan dalam menentukan standar
cita rasa minuman dan menangani pesanan dalam jumlah banyak. Berdasarkan
permasalahan tersebut, maka peneliti membuat usulan program yaitu “Edukasi
Karir Barista Penyandang Disabilitas Sensorik Netra”.
Kata Kunci: Pemberdayaan, Disabilitas Sensorik Netra, Keterampilan Vokasional, Barista
Description
Keywords
Pemberdayaan, Disabilitas Sensorik Netra, Keterampilan Vokasional, Barista