RATU AYU FADIN AIMER AFFAN, 20.03.094.ELLYA SUSILOWATIHARAPAN LUMBAN GAOL2024-10-032024-10-032024-10-03https://repository.poltekesos.ac.id/handle/123456789/1037RATU AYU FADIN AIMER AFFAN, 20.03.094. The Role of Parents in the Learning Process of Elementary School Children Beneficiary Family (KPM) Family Hope Program (PKH) in Manggarai Village, Tebet Subdistrict, South Jakarta City. Supervised by ELLYA SUSILOWATI and HARAPAN LUMBAN GAOL The role of parents in the learning process is the expected behavior of KPM PKH parents to carry out their duties and responsibilities in the child's learning process. This study aims to provide an overview of the role of KPM PKH parents as mentors, motivators, and facilitators in the learning process of elementary school children. The method used in this research is qualitative with a descriptive approach using primary and secondary data. The research used a purposive sampling technique to select nine (9) informants consisting of KPM parents, KPM children, PKH social assistants in Manggarai Village, elementary school teachers, and community leaders. Data collection was conducted through in-depth interviews, observation, and documentation studies. The results showed the role of parents as: 1) Mentor, namely guiding directly and indirectly, 2) Motivator, namely by giving appreciation and encouragement and 3) Facilitator, namely by providing learning activity facilities and there are obstacles in creating an emotionally comfortable learning environment. So with this, it is necessary to increase parents' understanding so that they have sufficient knowledge in creating a comfortable learning environment and good communication. Based on the results of the problem analysis, a program proposal was prepared to increase the understanding of KPM PKH parents in creating an emotionally comfortable learning environment with the aim of increasing parents' understanding and ability to create a comfortable learning environment for children so that they can learn effectively. A harmonious relationship between parents and children must be built in the learning process. Learning activities become a pleasant experience for children and can encourage a sense of wanting to understand and know the learning material. Kata Kunci: The Role of Parents, Learning Process, Beneficiary Family (KPM) Family Hope Program (PKH). ABSTRAK RATU AYU FADIN AIMER AFFAN, 20.03.094. Peran Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak Sekolah Dasar Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Kota Jakarta Selatan. Dibimbing oleh ELLYA SUSILOWATI dan HARAPAN LUMBAN GAOL Peran orang tua dalam proses belajar adalah perilaku yang diharapkan dari orang tua KPM PKH untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam proses belajar anak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan gambaran mengenai peran orang tua KPM PKH sebagai pembimbing, motivator dan fasilitator dalam proses belajar anak Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Penelitian menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih 9 (sembilan) informan yang terdiri dari orang tua KPM, anak KPM, Pendamping Sosial PKH di Kelurahan Manggarai, Guru SD, Tokoh Masyarakat. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peran orang tua sebagai: 1) Pembimbing yaitu membimbing secara langsung dan tidak langsung, 2) Motivator yaitu dengan memberikan penghargaan dan memberikan semangat dan 3) Fasilitator yaitu dengan memberikan fasilitas kegiatan belajar dan terdapat hambatan dalam menciptakan lingkungan belajar yang nyaman secara emosional. Sehingga dengan hal tersebut diperlukan adanya peningkatan pemahaman orang tua agar memiliki pengetahuan yang cukup dalam menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan komunikasi yang baik. Berdasarkan hasil analisis masalah disusun sebuah usulan program peningkatan pemahaman orang tua KPM PKH dalam menciptakan lingkungan belajar yang nyaman secara emosional dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan orang tua dalam menciptakan lingkungan belajar yang nyaman bagi anak sehingga dapat belajar dengan efektif. Dalam proses belajar, hubungan harmonis antara orang tua dan anak harus dibangun dengan baik. Sehingga kegiatan pembelajaran menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi anak yang dapat mendorong rasa ingin memahami dan mengetahui materi pembelajaran. Kata Kunci: Peran orang tua, Proses Belajar, Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (PKH).Peran orang tuaProses BelajarKeluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (PKH). Peran orang tuaKeluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (PKH).Peran Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak Sekolah Dasar Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Kota Jakarta Selatan.lindayasosTechnical Report