Niken Dwi Cahyani NRP. 21.04.131Dr. Denti Kardeti, M.SiNandang Susila, AKS, MP2025-10-192025-10-192025-10-19https://repository.poltekesos.ac.id/handle/123456789/2071Niken Dwi Cahyani, NRP. 21.04.131. Perlakuan Keluarga Terhadap Anak Penyandang Disabilitas Intelektual Di SLB Sri Mujinab Kota Pekanbaru. Dibimbing oleh DENTI KARDETI dan NANDANG SUSILA. Peran keluarga sangat berpengaruh terhadap perkembangan emosi, sosial, dan akademik anak penyandang disabilitas intelektual di SLB Sri Mujinab Pekanbaru. Penelitian ini menelaah perlakuan keluarga dalam aspek emosi, komunikasi, perilaku, dan dukungan pendidikan melalui kerja sama dengan sekolah. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi, serta triangulasi data. Informan terdiri dari orang tua, guru pendamping, dan tetangga. Hasil menunjukkan orang tua awalnya mengalami emosional, lalu menerima kondisi anak dengan dukungan keluarga. Dalam komunikasi, orang tua menggunakan strategi adaptif seperti nada suara dan bahasa non-verbal, tetapi komunikasi dengan guru perlu ditingkatkan. Perilaku orang tua mencakup penguatan positif, hadiah, dan kesabaran menghadapi tantrum serta mendorong kemandirian. Kolaborasi keluarga dan sekolah sesuai model Family Professional Partnership, meliputi komunikasi terbuka, pengambilan keputusan bersama, kesetaraan, dan dukungan timbal balik. Tantangan meliputi kurangnya forum komunikasi, minimnya bimbingan belajar, dan ketimpangan dukungan keluarga besar. Penelitian merekomendasikan peningkatan komunikasi, pelibatan aktif orang tua dalam pendidikan, serta forum diskusi inklusif untuk keterlibatan semua pihak. Kata kunci: Disabilitas Intelektual, Perlakuan keluarga, Kolaborasi Sekolah.Disabilitas IntelektualPerlakuan keluargaKolaborasi Sekolah.PERLAKUAN KELUARGA TERHADAP ANAK PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL DI SEKOLAH LUAR BIASA SRI MUJINAB KOTA PEKANBARUPeksosTechnical Report