NOVINSKY SHINTA AMALIABambang IndrakentjanaPopon Sutarsih2024-02-132024-02-132024-02-13https://repository.poltekesos.ac.id/handle/123456789/392ABSTRAK NOVINSKY SHINTA AMALIA, MANAJEMEN WAKTU DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 BANDUNG, Dosen Pembimbing Oleh Bambang Indrakentjana dan Popon Sutarsih Manajemen waktu adalah proses harian yang digunakan untuk membagi waktu, membuat jadwal, dan daftar hal-hal yang harus dilakukan dengan menggunakan waktu secara efektif. Pentingnya siswa memiliki manajemen waktu untuk menunjang keberhasilan di masa kini maupun masa depan supaya keberfungsian sosialnya berjalan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran secara empiris tentang Manajemen Waktu pada siswa di SMAN 12 Bandung berdasarkan aspek menentukan tujuan, menyusun prioritas, menyusun jadwal, bersikap asertif, menghindari penundaan dan meminimumkan waktu yang terbuang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dengan statistik deskriptif. Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling dengan jumlah sampel 78 responden dari populasi kelas XI sebanyak 362 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menyebarkan angket. Alat ukur yang digunakan pengukuran skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai dari semua aspek manajemen waktu pada siswa dengan skor total sebesar 7.040 dari skor maksimal 9.984 dan persentase 70,5% berada di kategori tinggi. Namun pernyataan dalam aspek menyusun jadwal berada pada kategori rendah yaitu saya membawa buku to do list agar tidak ada yang terlewatkan dan saya rutin membuat daftar kegiatan saya di kertas kecil pernyataan dengan persentase 56,0%. Berdasarkan salah satu aspek keberfungsian sosial yaitu kemampuan melaksanakan peranan sosial yang dikaitkan dengan manajemen waktu yaitu menjalani jadwal aktivitas sehari-harinya sebagai pelajar belum tercapai. Oleh karena itu, salah satu alternatif program yang diajukan untuk siswa SMAN 12 Bandung adalah program peningkatan pengetahuan siswa SMAN 12 Bandung tentang manajemen waktu melalui kelompok pendidikan (educational group) Kata kunci : Manajemen waktu, Siswa SMA, Pekerja Sosial Pendidikan,otherManajemen waktuSiswa SMAPekerja Sosial PendidikanMANAJEMEN WAKTU DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 BANDUNG,PeksosOther