ADILA LISTYA OKTIVIANI. 19.04.131.Edi SuhandaNenden Rainy Sundary2024-01-082024-01-082024-01-08https://repository.poltekesos.ac.id/handle/123456789/324ABSTRAK ADILA LISTYA OKTIVIANI. 19.04.131. Keterampilan Sosial Anak di Panti SosialAsuhan Anak Kuncup Harapan Muhammadiyah Sukajadi Kota Bandung. Dibimbing oleh Edi Suhanda dan Nenden Rainy Sundary Keterampilan sosial adalah hal penting yang harus dimiliki anak, tidak terkecuali anak yang tinggal di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak atau Panti Sosial Asuhan Anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mengkaji, menganalisis, dan memperoleh gambaran secara empiris mengenai keterampilan sosial anak di Panti Sosial Asuhan Anak Kuncup Harapan Muhammadiyah Sukajadi Kota Bandung. Aspek dalam penelitian ini terdiri atas hubungan dengan teman sebaya, manajemen diri, kemampuan akademis, kepatuhan, dan kemampuan asertif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian adalah penerima manfaat di Panti Sosial Asuhan Anak Kuncup Harapan Muhammadiyah Sukajadi Kota Bandung sebanyak 40 responden yang merupakan keseluruhan dari populasi. Adapun uji validitas alat ukur menggunakan face validity dan uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha dengan aplikasi SPSS Versi 27 dengan perolehan nilai 0,912 (reliabel).Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial anak di Panti Sosial Asuhan Anak Kuncup Harapan Muhammadiyah Sukajadi Kota Bandung termasuk dalam kategori “Cukup baik”. Dapat dilihat dari total skor aspek keterampilan sosial dengan persentase 2,5% (Kurang Baik), persentase 72,5 % (Cukup Baik), persentase 25,0% (Sangat Baik). Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemauan anak untuk mengenali minat dan bakat, anak yang tidak termotivasi untuk mengembangkan minat dan bakat serta tidak adanya perhatian khusus dari pengasuh di Panti Sosial Asuhan Anak Kuncup Harapan Muhammadiyah Sukajadi Kota Bandung. Hal ini memerlukan adanya peningkatan keterampilan sosial pada aspek kemampuan akademis. Peneliti mengusulkan program “GERBEL”atau Gerakan Belajar dengan kegiatan Peningkatan Kemampuan Akademis. Program tersebut diharapkan dapat meningkatkan keterampilan sosial dalam kemampuan akademis penerima manfaat di Panti Sosial Asuhan Anak Kuncup Harapan Muhammadiyah Sukajadi Kota Bandung. Kata kunci: Keterampilan Sosial, Anak, Panti Sosial Asuhan Anak ABSTRACT ADILA LISTYA OKTIVIANI. 19.04.131. Children's Social Skills at the Kuncup Harapan Muhammadiyah Sukajadi Children's Orphanage, Bandung City.Supervisor: Edi Suhanda and Nenden Rainy Suhendar Social skills are important things that children must have, including children who live in Child Welfare Institutions or Child Orphanages. This study aims to describe, study, analyze, and obtain an empirical picture of the social skills of children at the Kuncup Harapan Muhammadiyah Sukajadi Children's Orphanage, Bandung City. Aspects in this study consist of relationships with peers, self-management, academic ability, compliance, and assertive abilities. This research uses a quantitative approach with descriptive methods. The sample in this study were beneficiaries at the Kuncup Harapan Muhammadiyah Sukajadi Children's Orphanage in Bandung, as many as 40 respondents, which is the entire population. As for testing the validity of the measuring instrument using face validity and reliability testing using Cronbach alpha with the SPSS Version 27 application with an acquisition value of 0.912 (reliable). Data collection techniques used questionnaires and documentation studies. The results showed that the social skills of children at the Kuncup Harapan Muhammadiyah Sukajadi Children's Orphanage in Bandung City were included in the "good enough" category. It can be seen from the total score of the social skills aspect with a percentage of 2.5% (poor), 72.5% (good enough), 25.0% (very good). The problems found in this study are the low willingness of children to recognize interests and talents, children who are not motivated to develop interests and talents and the absence of special attention from caregivers at the Kuncup Harapan Muhammadiyah Sukajadi Children's Social Institution, Bandung City. This requires an increase in social skills on the aspect of academic ability. The researcher proposes the "GERBEL" program or Learning Movement with Academic Ability Improvement activities. The program is expected to improve social skills in the academic abilities of beneficiaries at the Kuncup Harapan Muhammadiyah Sukajadi Children's Orphanage, Bandung City. Keywords: Social Skills, Children, children's orphanageKeterampilan SosialAnakPanti Sosial Asuhan AnakKeterampilan Sosial Anak di Panti SosialAsuhan Anak Kuncup Harapan Muhammadiyah Sukajadi Kota Bandung.-peksos-Other