ADE FIQH HIDAYATULLOH, 20.04.015.Catur Hery WibawaAde Subarkah2024-09-072024-09-072024-09-07https://repository.poltekesos.ac.id/handle/123456789/863ADE FIQH HIDAYATULLOH, 20.04.015. Children's Social Skills in the Sanggar Nyaman Community Sukawening Village, Ganeas Dictrict, Sumedang Regency, supervised by Catur Hery Wibawa and Ade Subarkah. Social Skill are an individual's ability to interact, communicate, cooperate, and build positive relationships with others in various social contexts. Social skills include various aspects, namely aspects of peer relations, self-management, academic ability, compliance, and assertive behavior. This research uses descriptive qualitative methods. Researchers used in-depth interview techniques, observation, and documentation. The purpose of researchers using this method is to describe or describe in detail how children's social skills in the Sanggar Nyaman Community, Sukawening Village, Ganeas District, Sumedang Regency. This research uses purposive sampling in determining informants, namely 5 (five) informants of children who participate in activities at Sanggar Nyaman Community who have aspects of peer relationships, self-management, academic ability, compliance, and assertive behavior. The results of this study are that from the five aspects of social skills of children who participate in activities in the Sanggar Nyaman Community have good results, but based on the research there are problems found in the aspects of peer relationships and assertive behavior based on these problems, the researcher proposes a program including children's story performance activities where in these activities children who participate in activities in the Sanggar Nyaman Community are divided into several groups and then will be given a story script related to children's stories such as the story of the kancil, malin kundang, sangkuriang, timun mas, and others, where later each group member will play a role from each story script that has been distributed. Social workers act as facilitators as facilitators and agents of change by providing skills and knowledge to influence individuals who are the target system in a group. Keywords: Social Skills, Child, Community ABSTRAK ADE FIQH HIDAYATULLOH, 20.04.015. Keterampilan Sosial Anak di Komunitas Sanggar Nyaman Desa Sukawening Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang, dibimbing oleh Catur Hery Wibawa dan Ade Subarkah. Keterampilan sosial adalah kemampuan individu untuk melakukan interaksi, berkomunikasi, bekerja sama, dan membangun hubungan yang positif dengan orang lain dalam berbagai konteks sosial. Keterampilan sosial meliputi berbagai aspek, yakni aspek hubungan sebaya (Peer relations), manajemen diri (self management), kemampuan akademis (akademic), kepatuhan (compluance), dan perilaku asertif (assertion). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Tujuan peneliti menggunakan metode ini adalah untuk mendeskripsikan atau menggambarkan secara detail bagaimana keterampilan sosial anak di Komunitas Sanggar Nyaman Desa Sukawening Kecamatan Ganeas kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan purposive sampling pada penentuan informan yaitu 5 (lima) informan anak yang mengikuti kegiatan di Komunitas Sanggar Nyaman yang memiliki aspek hubungan teman sebaya, manajemen diri, kemampuan akademis, kepatuhan, dan perilaku asertif. Hasil dari penelitian ini adalah dari kelima aspek keterampilan sosial dari anak yang mengikuti kegiatan di Komunitas Sanggar Nyaman memiliki hasil yang baik, namun berdasarkan penelitian terdapat masalah yang ditemukan pada aspek hubungan sebaya dan perilaku asertif berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengajukan usulan program meliputi kegiatan pentas cerita anak di mana di dalam kegiatan tersebut anak yang mengikuti kegiatan di Komunitas Sanggar Nyaman dibagi menjadi beberapa kelompok selanjutnya akan diberikan sebuah naskah cerita terkait cerita anak seperti cerita si kancil, malin kundang, sangkuriang, timun mas, dan lain-lain, di mana nantinya setiap anggota kelompok akan bermain peran dari setiap naskah cerita yang sudah dibagikan. Pekerja sosial berperan sebagai fasilitator dan agen perubahan dengan memberikan keterampilan dan pengetahuan untuk mempengaruhi individu-individu yang merupakan sistem sasaran dalam suatu kelompok. Kata Kunci: Keterampilan Sosial, Anak, KomunitasKeterampilan SosialAnakKomunitasKeterampilan Sosial Anak di Komunitas Sanggar Nyaman Desa Sukawening Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang,-Peksos-Technical Report