YENI ANGGRAINI 1904236Endah Dwi WinarniPribowo.2024-02-162024-02-162024-02-16https://repository.poltekesos.ac.id/handle/123456789/403ABSTRACT YENI ANGGRAINI : Parenting Patterns for Children with Intellectual Disabilities in Kesamben Village, Kesamben District, Blitar Regency. Supervisor : Endah Dwi Winarni dan Pribowo. Parenting is the way parents educate, care for, and nurture children according to what parents consider good. This research aims to provide an empirical description of 1) parental control of children with intellectual disabilities 2) parental communication with children with intellectual disabilities 3) parental discipline for children with intellectual disabilities 4) parental support for children with intellectual disabilities 5) parental approach to children with intellectual disabilities. The method used a descriptive method with a qualitative approach. The data sources used are primary and secondary data sources. Determination of data sources in this research used purposive. The data collection techniques used: 1) in-depth interviews, 2) observation, 3) documentation studies. The validity check technique used data credibility test, data certainty test, and transferability. The results showed that the control exercised by the parents of the two subjects used a high tone and often took action in the form of pinching while one subject only gave advice. Support is also provided by parents in the form of material and emotional by providing therapy and affection through closeness which is often expressed by parents when children are at home. Disciplining is also often done by parents with the reason to improve the attitude of discipline in children. Communication by parents often encounters obstacles when children are young because they experience developmental delays. Key word : Parenting, Parents, Children with Disabilities, Intellectual Disabilities vii ABSTRAK YENI ANGGRAINI : Pola Asuh Orang Tua terhadap Anak Disabilitas Intelektual Di Desa Kesamben Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar. Dosen Pembimbing : Endah Dwi Winarni dan Pribowo. Pola asuh merupakan cara orang tuamendidik, merawat, serta mengasuh anak sesuai dengan apa yang dianggap baik oleh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara empiris tentang 1) control orang tua terhadap anak disabilitas intelektual 2) komunikasi orang tua terhadap anak disabilitas intelektual 3) pendisiplinan orang tua terhadap anak disabilitas intelektual 4) dukungan orang tua terhadap anak disabilitas intelektual 5) pendekatan orang tua terhadap anak disabilitas intelektual. Metode yang diguankan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Penentuan sumber data dalam penelitian ini menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : 1) wawancara mendalam, 2) observasi, 3) studi dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan menggunakan uji kredibilitas data, uji kepastian data, dan keteralihan. Hasil penelitian menunjukkan kontrol yang dilakukan oleh orang tua kedua subjek menggunkan nada tinggi dan tak jarang melakukan tindakan berupa mencubit sedangkan satu subjek hanya memberikan nasihat. Dukungan juga diberikan oleh orang tua berupa material dan emosional dengan memberikan terapi dan kasih sayang melalui Kedekatan yang sering kali diekspresikan oleh orang tua ketika anak berada di rumah. Pendisiplinan juga sering kali dilakukan oleh orang tua dengan alasan untuk meningkatkan sikap disiplin pada anak. Komunikasi oleh orang tua sering kali mendapati hambatan ketika anak masih kecil karena mengalami keterlambatan perkembangan. Kata Kunci : Pola Asuh, Orang Tua, Anak Disabilitas, Disabilitas IntelektualPola AsuhOrang TuaAnak DisabilitasDisabilitas IntelektualParenting Patterns for Children with Intellectual Disabilities in Kesamben Village, Kesamben District, Blitar Regency.-Peksos-Other