Ayu Mutiara Simanjuntak. 2004100MarjukiNenden Rainy Sundary2024-08-122024-08-122024-08-12https://repository.poltekesos.ac.id/handle/123456789/722Ayu Mutiara Simanjuntak. 2004100. Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kota Magelang. Dosen Pembimbing : Marjuki dan Nenden Rainy Sundary Motivasi belajar adalah faktor yang mempengaruhi keadaan peserta didik dalam hal akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat motivasi belajar siswa yang mencakup aspek dorongan, kebutuhan, dan tujuan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling, jumlah responden 78. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kusioner dan studi dokumentasi. Uji validitas dengan menggunakan Face Validity dan uji reliabilitas dilakukan dengan Alpha Cronbach berada di angka 0,95 yang termasuk ke dalam kategori reliable. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa masuk ke dalam kategori sedang dengan tingkat aspek dorongan dengan nilai modus 22,7 dan median 23,4 menunjukkan bahwa dorongan responden dalam belajarnya sudah baik namun belum optimal. Pada aspek kebutuhan dengan nilai modus 22,3 dan median 22,7 menunjukkan bahwa kebutuhan responden dalam belajarnya sudah baik namun belum optimal masih memerlukan rangsangan dari luar untuk memenuhi kebutuhan belajarnya. Aspek tujuan dengan nilai median 25,1 dan modus 26,54 pada aspek menunjukkan bahwa tujuan responden dalam belajarnya sudah sangat baik, bahwa responden memiliki tujuan yang positif dalam belajar. Usulan program yang dirancang yaitu Program Penguatan Motivasi Belajar Melalui Self Help Group di SMPN 4 Kota Magelang dengan tujuan pengubahan perilaku untuk membantu meningkatkan kesadaran siswa mengenai motivasi belajar. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Siswa, Self Help GroupMotivasi BelajarSiswaSelf Help GroupMotivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kota Magelang-peksos-Technical Report