ASQINA DEWI AMALIA, 19.04.117.NURJANAHENI RAHAYUNINGSIH.2024-02-072024-02-072024-02-07https://repository.poltekesos.ac.id/handle/123456789/386ABSTRAK ASQINA DEWI AMALIA, 19.04.117. Perilaku Agresif Anak Didik Pemasyarakatan dalam Menjalani Masa Pembinaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung Kota Bandung. Dosen Pembimbing: NURJANAH dan ENI RAHAYUNINGSIH. Perilaku agresif merupakan tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk menyakiti, merusak, merugikan, dan menimbulkan penderitaan bagi orang lain. Perilaku agresif dapat dilakukan dimana saja dan oleh seluruh lapisan masyarakat, salah satunya oleh Anak Didik Pemasyarakatan selama menjalani masa pembinaan di Lembaga Pembinaan. Penelitian mengenai perilaku agresif di LPKA Kelas II Bandung bertujuan untuk memperoleh gambaran empiris tentang perilaku agresif Anak Didik Pemasyarakatan di LPKA Kelas II Bandung yang ditinjau dari 4 (empat) aspek perilaku agresif yaitu agresi fisik, verbal, kemarahan, dan permusuhan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei deskriptif. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik random sampling dan dihasilkan jumlah responden sebanyak 43 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang berisi 33 butir pernyataan dengan skala pengukuran dalam bentuk skala likert. Uji Validitas data dilakukan dengan validitas muka dan uji reliabilitas menggunakan nilai dari Cronbach’s Alpha dengan bantuan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa 43 responden memiliki kecenderungan agresivitas yang rendah baik dari aspek fisik, verbal, kemarahan, maupun permusuhan. Beberapa faktor yang mempengaruhi responden berperilaku agresif adalah adanya serangan dari orang lain, terjadinya frustasi dalam diri individu, adanya keinginan untuk balas dendam, dan adanya situasi kompetisi atau persaingan. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian yang sudah dilakukan, diusulkan sebuah program yang diberi nama “Bersabar Bersama Wujudkan Pribadi Bijaksana”. Program ini memuat serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan dan mengembangkan perilaku yang dapat diterima secara sosial melalui kelompok sosial guna mengurangi perilaku agresif Anak Didik Pemasyarakatan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung. Kata Kunci : Perilaku Agresif, LPKA Kelas II Bandung, Anak Didik Pemasyarakatan, Kelompok SosialisasiPerilaku AgresifLPKA Kelas II BandungAnak Didik PemasyarakatanKelompok SosialisasiPerilaku Agresif Anak Didik Pemasyarakatan dalam Menjalani Masa Pembinaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung Kota Bandung.PeksosOther