ARDIANA SIMANJUNTAK, NRP. 21.04.203Dr. Hartono, S.H, M. SiDr. Pribowo, M. Pd2025-10-212025-10-212025-10-21https://repository.poltekesos.ac.id/handle/123456789/2129ARDIANA SIMANJUNTAK, NRP. 21.04.203. Penyesuaian Diri Anak di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Rumah Pengharapan Baru Lembang. Dibimbing oleh Hartono dan Pribowo. Pada penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai karakteristik anak sebagai informan yang digunakan dalam penelitian ini, kemampuan mengenali kelebihan dan kekurangan diri, kemampuan bersikap realistis dan menerima diri, kemampuan mengembangkan dan mengendalikan diri dan kemampuan mengontrol kepuasan diri. Penyesuaian diri merupakan proses secara bertahap yang dialami oleh anak untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan secara efektif, termasuk anak-anak yang berada di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Rumah Pengharapan Baru Lembang. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses penyesuaian diri anak-anak yang tinggal di LKSA Rumah Pengharapan Baru Lembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Jumlah informan pada penelitian berjumlah enam informan dengan dua informan pengasuh. Pengelolaan data ini dilakukan dengan melakukan wawancara lalu mengelola data dengan pengelompokan data setelah itu menganalisis data dalam bentuk narasi dan melakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak mengalami berbagai tantangan dalam proses penyesuaian diri, terutama disebabkan oleh pengalaman masa lalu yang menyakitkan, seperti kehilangan figur orang tua, penelantaran, serta lingkungan keluarga yang tidak harmonis. Pada awal tinggal di LKSA, informan menunjukkan perilaku menarik diri, sulit bersosialisasi, dan merasa canggung dalam membangun hubungan sosial. Namun, seiring waktu dan melalui proses pembinaan yang konsisten, dukungan dari pengasuh, serta keterlibatan dalam berbagai kegiatan sosial dan kelompok, anak-anak mulai menunjukkan perubahan yang positif dalam membentuk identitas diri dan beradaptasi dengan lingkungan sosialnya. Temuan penelitian ini menjadi dasar dalam merancang usulan program “Penguatan Penyesuaian Diri Anak melalui Socialization Group” yang dilaksanakan secara terstruktur dan sistematis. Program ini bertujuan membantu anak dalam meningkatkan kemampuan sosial, menumbuhkan kepercayaan diri, serta mengembangkan potensi diri secara optimal. Pelaksanaan program dilakukan melalui beberapa tahapan dan menggunakan metode pekerjaan sosial kelompok (group work) yang digunakan secara efektif untuk mendukung proses penyesuaian diri anak di lingkungan baru Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Rumah Pengharapan Baru. Kata Kunci: Penyesuaian diri, Anak, Lembaga Kesejahteraan Sosial anak(LKSA)Penyesuaian diriAnakLembaga Kesejahteraan Sosial anak(LKSA)PENYESUAIAN DIRI ANAK DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK RUMAH PENGHARAPAN BARU LEMBANG KABUPATEN BANDUNG BARAT PROVINSI JAWA BARATPeksosTechnical Report