Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "A AHMAD JAUHARY ZAENAL, 20.04.159."

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    Resiliensi Anak Pasca Bencana Gempa Bumi di SMP SWASTA PGRI Cugenang Kabupaten Cianjur.
    (Perpustakaan, 2025-12-05) A AHMAD JAUHARY ZAENAL, 20.04.159.; NURJANAH; RAHMAT SYARIF HIDAYAT
    A AHMAD JAUHARY ZAENAL, 20.04.159. Resiliensi Anak Pasca Bencana Gempa Bumi di SMP SWASTA PGRI Cugenang Kabupaten Cianjur. Dibimbing oleh NURJANAH dan RAHMAT SYARIF HIDAYAT Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat resiliensi anak pasca bencana gempa bumi di SMP Swasta PGRI Cugenang, Kabupaten Cianjur. Gempa bumi yang terjadi berdampak signifikan terhadap kondisi psikososial anak, baik secara emosional, sosial, maupun akademik. Resiliensi menjadi faktor penting dalam proses pemulihan pasca bencana karena membantu siswa untuk bangkit dan beradaptasi terhadap perubahan. Tingkat resiliensi siswa dalam penelitian ini diukur menggunakan teori Reivich dan Shatte (2002) yaitu aspek mengatasi rintangan (overcoming), mengendalikan hal-hal yang tidak mengenakkan (steering through), merespon kemalangan hidup (bouncing back), dan mencapai capaian hidup (reaching out). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan populasi 283 siswa dan sampel sebanyak 74 siswa yang diambil melalui teknik stratified random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat resiliensi siswa berada dalam kategori sedang dengan skor aktual 8.555 dari skor ideal 11.840 (72,25%), tingkat resiliensi yang baik pada aspek overcoming (73,14%) dan reaching out (78,51%). Namun, masih ditemukan tantangan pada aspek steering through (65,24%) dan bouncing back (70,07%), terutama terkait pengelolaan emosi dan kemampuan konsentrasi. Berdasarkan hasil tersebut, penelitiِ mengusulkanِ programِ intervensiِ “SEKOLAH SIAGA GEMPA (SESAPA)”ِyangِberfokusِpadaِpenguatanِdukunganِpsikososialِberbasisِsekolahِ dengan melibatkan guru, keluarga, dan pekerja sosial secara aktif. Kata Kunci: Resiliensi Anak, Pasca Bencana, SESAPA

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback