Browsing by Author "ADINDA ANNISA ARIFAH PUTRI, 19.04.239."
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Kebutuhan Dasar Anak di Unit Pelaksana Teknis Perlindungan dan Pelayanan Sosial Petirahan Anak Kota Batu Jawa Timur,(2024-03-14) ADINDA ANNISA ARIFAH PUTRI, 19.04.239.; Pembimbing Jumayar Marbun; Irniyati SamosirABSTRAK ADINDA ANNISA ARIFAH PUTRI, 19.04.239. Kebutuhan Dasar Anak di Unit Pelaksana Teknis Perlindungan dan Pelayanan Sosial Petirahan Anak Kota Batu Jawa Timur, Pembimbing Jumayar Marbun dan Irniyati Samosir Kebutuhan merupakan hal yang harus dipenuhi oleh setiap manusia, baik dalam segi fisik, emosional, dan pendidik. Ada beberapa macam kebutuhan yang harus di penuhi oleh manusia, namun lebih idealnya jika kebutuhan dasar terlebih dahulu yang harus di penuhi, dengan hal ini manusia tersebut hidup nya akan sejahtera dan mampu berfungsi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kebutuhan dasar anak di Unit Pelaksana Teknis Perlindungan dan Pelayanan Sosial Petirahan Anak Kota Batu Jawa Timur yang mencakup aspek fisik, aspek emosi, dan aspek pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan survei deskriptif.Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik sensus. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner hasil modifikasi dari skala baku Basic Needs Satisfaction Scale dengan skala pengukuran skala likert. Uji validitas alat ukur menggunakan validitas muka (face validity) dan uji reliabilitas dengan Cronbach Alpha. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis data statistik deskriptif untuk menggambarkan tingkat kebutuhan dasar responden. Hasil penelitian terhadap 50 responden anak di Unit Pelaksana Teknis Perlindungan dan Pelayanan Sosial Petirahan Anak Kota Batu Jawa Timur menunjukkan bahwa tingkat kebutuhan dasar anak berkategori sedang dengan skor aktual 6597 dari skol ideal 8800. Aspek terendah berada pada aspek pendidikan dengan presentase responden sebanyak 88% berada di kategori sedang dan 12% berada di kategori tinggi. Aspek ini memiliki kecenderungan responden yang tidak memikirkan masa depan di waktu luang, tidak mampu mengerjakan tugas sendiri dan bersama guru, dan tidak menyukai membaca buku fiksi dan non fiksi. Berdasarkan penelitian tersebut, peneliti mengusulkan program Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak melalui Gencar (Gerakan Membaca dan Belajar) di Unit Pelaksana Teknis Perlindungan dan Pelayanan Sosial Petirahan Anak Kota Batu dengan menggunakan metode Social Case Work dan Social Group Work.Tujuan dari program yaitu untuk meningkatkan kebutuhan dasar anak agar kebutuhannya terpenuhi. Kata Kunci : Kebutuhan Dasar, Anak, Pelayanan