Browsing by Author "CLARA CHINTYA HUTASOIT, NRP. 21.02.085"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item COPING STRATEGI MAHASISWA SAAT PEMBUATAN SKRIPSI YANG TINGGAL DI KOMPLEK SIMPAY ASIH KELURAHAN PASIR ENDAH KECAMATAN UJUNG BERUNG KOTA BANDUNG(Perpustakaan, 2025-10-21) CLARA CHINTYA HUTASOIT, NRP. 21.02.085; Dra. Dayne Trikora Wardhani, M.Si; Drs. Aam Muharam, M.SiCLARA CHINTYA HUTASOIT, NRP. 21.02.085, Coping strategi mmahasiswasaat pembuatan skripsi yang tinggal di Komplek Simpay Asih Kelurahan Pasir Endah Kecamatan Ujung Berung kota Bandung.Dosen Pembimbing: DAYNE TRIKORA WARDHANI dan AAM MUHARAM. Penyusunan skripsi merupakan fase penting sekaligus menantang dalam proses akademik mahasiswa tingkat akhir. Tekanan akademik, tuntutan waktu, serta faktor lingkungan sosial dapat memunculkan stres yang membutuhkan strategi penanganan atau coping strategy yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi koping yang digunakan oleh mahasiswa tingkat akhir yang tinggal di Komplek Simpay Asih, Kelurahan Pasir Endah, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung, dalam menghadapi tantangan selama proses penyusunan skripsi.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap tiga informan utama dan dua informan pendukung. Data dianalisis menggunakan teori koping dari Lazarus dan Folkman yang membagi coping strategy ke dalam dua jenis, yaitu problem-focused coping, dan emotion-focused coping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menggunakan berbagai kombinasi strategi koping. Strategi problem-focused digunakan untuk menyelesaikan kendala teknis seperti kesulitan revisi dan komunikasi dengan dosen pembimbing. Strategi emotion-focused digunakan dalam menghadapi tekanan psikologis seperti cemas dan takut gagal, melalui cara berdoa, bercerita kepada orang terdekat, dan mencari hiburan. Faktor-faktor yang memengaruhi pemilihan strategi koping antara lain dukungan keluarga, lingkungan tempat tinggal, dan kondisi psikologis individu. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mendalam mengenai dinamika psikososial mahasiswa dalam menyusun skripsi, serta menjadi bahan pertimbangan dalam pengembangan program pendampingan psikososial bagi mahasiswa tingkat akhir. Kata Kunci: coping strategy, mahasiswa tingkat akhir, skripsi, stres akademik,Simpay Asi