Browsing by Author "Dr. Nurjanah, M.Pd."
Now showing 1 - 3 of 3
Results Per Page
Sort Options
Item DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA KEPADA ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II BANDUNG(Perpustakaan, 2025-10-26) Rifki Ahmad Zidane, NRP. 21.04.078; Dr. Nurjanah, M.Pd.; Drs. Catur Hery Wibawa, MMRifki Ahmad Zidane, NRP. 21.04.078. Dukungan Sosial Keluarga kepada Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Bandung. Dibimbing oleh Nurjanah dan Catur Heri Wibawa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dukungan sosial keluarga terhadap anak berhadapan dengan hukum (ABH) di LPKA kelas II Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan lebih dalam dukungan sosial keluarga terhadap ABH. Hasil penelitian terhadap tujuh informan menunjukan bahwa dari keempat aspek dukungan sosial keluarga terdapat satu aspek yang dianalisis masih menunjukan hasil yang negatif yakni aspek dukungan informasi. Hal ini di sebabkan oleh kurangnya pemahaman keluarga terkait informasi mengenai hak hak anak, seperti hak atas perlakuan adil dan perlindungan khusus, menjadi kunci penting dalam menciptakan rasa aman dan kepercayaan keluarga. Sementara ketiga aspek lainnya menunjukan hasil yang positif, hal ini menjadi temuan bahwasannya dukungan sosial memberikan dampak pada ABH bahwa secara keseluruhan, hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa dukungan sosial keluarga, teman sebaya, dan pembina kemasyarakatan memiliki pengaruh yang signifikan dalam proses pembinaan ABH di LPKA. Sinergi dari keempat aspek dukungan tersebut membantu ABH membangun ketahanan psikologis, motivasi untuk berubah, serta kemampuan merencanakan masa depan dengan lebih optimis. Meskipun masih ditemukan beberapa kendala pada pelaksanaannya, dukungan sosial ini tetap menjadi pondasi penting untuk memastikan proses pembinaan di LPKA berjalan tidak hanya sebagai penahanan, tetapi juga sebagai ruang pembelajaran dan pemulihan menuju reintegrasi sosial yang lebih baik. Kata kunci: dukungan sosial, keuarga, ABH, LPKA, pekerja sosialItem LAPORAN PRAKTIKUM KOMUNITAS - PENYULUHAN PENTINGNYA PENDIDIKAN KEPADA ANAK PUTUS SEKOLAH DI DESA PUNCAK KECAMATAN CIGUGUR KABUPATEN KUNINGAN(Perpustakaan, 2025-02-11) Fredy Cahyadi NRP.1904021; Dr. Nurjanah, M.Pd.; Dra. Nurrohmi, M.Pd.Item STRATEGI COPING STRESS SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR SEKOLAH DI SMK NEGERI 15 KOTA BANDUNG(Perpustakaan, 2025-10-21) Rahayu Annisa Putri, NRP. 21.04.141; Dr. Nurjanah, M.Pd.; Dra. Popon Sutarsih, M.Pd.Rahayu Annisa Putri, NRP. 21.04.141. Strategi Coping Stres Siswa dalam Menghadapi Ujian Akhir Sekolah di SMK Negeri 15 Kota Bandung. Dosen Pembimbing: Nurjanah dan Popon Sutarsih Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai kesehatan mental, pengaruh emosi terhadap proses belajar, serta pengetahuan tentang strategi coping. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi strategi coping stres yang digunakan oleh siswa kelas XII di SMK Negeri 15 Bandung dalam menghadapi Ujian Akhir Sekolah (UAS). Latar belakang penelitian ini didasari oleh meningkatnya tekanan akademik yang berdampak pada kondisi psikologis siswa, seperti stres, kecemasan, hingga depresi, yang apabila tidak ditangani dengan tepat dapat mengganggu prestasi belajar dan kesejahteraan psikososial mereka. Isu utama dalam penelitian ini adalah ketidaksiapan siswa dalam mengelola stres secara konstruktif, serta minimnya pemahaman terhadap strategi coping yang adaptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dipilih melalui teknik purposive sampling, yaitu tiga siswa kelas XII dari jurusan berbeda yang memiliki pengalaman relevan dalam menghadapi ujian akhir. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teori coping yang digunakan merujuk pada konsep Lazarus dan Folkman, yaitu Problem Focused Coping (PFC) dan Emotion Focused Coping (EFC). Hasil penelitian menunjukkan variasi strategi coping yang digunakan siswa. Pada PFC, terdapat strategi seperti perencanaan belajar dan pengelolaan waktu, meski sebagian menunjukkan perilaku impulsif. Pada EFC, siswa menggunakan berpikir positif, spiritualitas, hiburan, serta pengendalian diri. Namun coping maladaptif seperti menghindari masalah juga masih ditemukan. Sebagai tindak lanjut, peneliti mengusulkan program “Pelatihan Regulasi Emosi dan Strategi Coping” melalui social group work berbasis educational group, untuk membekali siswa keterampilan mengelola emosi dan menerapkan strategi coping adaptif agar mampu menghadapi tekanan akademik dan sosial secara sehat serta menjaga kesehatan mental dan resiliensi. Kata Kunci: Strategi Coping Stres, Siswa SMK, Ujian Akhir Sekolah