Browsing by Author "Dr. Aep Rusmana, S.Sos., M.Si"
Now showing 1 - 3 of 3
Results Per Page
Sort Options
Item KENAKALAN REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 JAKARTA TIMUR(Perpustakaan, 2025-11-23) Febrio Putrali Perdana, NRM. 21.04.115; Dr. Epi Supiadi, M.Si.; Dr. Aep Rusmana, S.Sos., M.SiFebrio Putrali Perdana, NRM. 21.04.115. Kenakalan Remaja Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Jakarta Timur, Dibimbing Oleh Epi Supiadi Dan Aep Rusmana. Permasalahan kenakalan remaja masih menjadi tantangan serius di lingkungan sekolah, termasuk di SMPN 6 Jakarta Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk, faktor penyebab, dampak, serta upaya penanganan kenakalan remaja di sekolah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kenakalan remaja yang dominan di SMPN 6 meliputi bolos sekolah, tawuran, dan bullying. Permasalahan tawuran dan bullying kerap terjadi di luar pengawasan sekolah dan terkadang direncanakan melalui penggunaan gadget secara tidak bijak. Faktor-faktor penyebab kenakalan remaja di antaranya adalah kurangnya perhatian dan pengawasan dari keluarga, pengaruh negatif dari teman sebaya, serta paparan konten tidak sehat melalui media sosial dan internet. Dampak dari kenakalan tersebut sangat merugikan, baik bagi siswa maupun sekolah. Sekolah mengalami penurunan citra di mata masyarakat, sementara siswa yang menjadi korban mengalami trauma, rasa tidak nyaman, dan penurunan semangat belajar. Sebagai upaya penanganan, pihak sekolah telah melakukan berbagai langkah, seperti penyuluhan bagi siswa, pelatihan parenting skill bagi orang tua, serta konseling terapi untuk siswa dan orang tua.Melalui upaya-upaya tersebut, diharapkan perilaku menyimpang dapat ditekan dan tercipta lingkungan sekolah yang aman, nyaman, serta mendukung perkembangan siswa secara menyeluruh. Kata Kunci: Kenakalan Remaja, Tawuran, Bullying, BolosItem LAPORAN PRAKTIKUM INSTITUSI - PENANGANAN KLIEN “RS” YANG MENGALAMI KURANGNYA DUKUNGAN SOSIAL DI SENTRA HANDAYANI JAKARTA(Perpustakaan, 2024-11-04) Muhammad Adam Gymnastiar NRP. 21.04.081; Dr. Aep Rusmana, S.Sos., M.SiABSTRAKItem PELAKSANAAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DI PANTI ASUHAN INSAN HARAPAN KOTA BANDUNG(Perpustakaan, 2025-11-23) ADITYO RIAN FIRMANSYAH, NRM. 21.04.106; Dr. Aep Rusmana, S.Sos., M.Si; Ahmad Yaneri, S.ST, M. Kesos.Adityo Rian Firmansyah, NRM. 21.04.106. Pelaksanaan Konseling Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Di Panti Asuhan Insan Harapan Kota Bandung. Dibimbing oleh AEP RUSMANA dan AHMAD YANERI Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan tahapan konseling serta dampaknya dalam meningkatkan kemandirian anak di Panti Asuhan Insan Harapan Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data terdiri atas data primer dan sekunder. Informan penelitian berjumlah enam orang, terdiri dari anak asuh, konselor, dan pengelola panti. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian meliputi pedoman wawancara, pedoman observasi, dan catatan lapangan untuk menelusuri tahap awal, tahap kerja, dan tahap akhir konseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan konseling berkontribusi dalam meningkatkan aspek kemandirian sosial, emosional, intelektual, dan ekonomi anak. Namun, ditemukan kelemahan dalam sistem dokumentasi serta keberlanjutan layanan konseling. Untuk menjawab tantangan tersebut, peneliti mengusulkan program lanjutan bernama “BERDAYA” (Bimbingan Reflektif untuk Daya Mandiri Anak Panti), yang disusun menggunakan metode Community Work. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas profesional konselor dalam memberikan layanan konseling yang etis, terstruktur, dan responsif terhadap kemandirian anak di lingkungan panti asuhan. Kata Kunci: Konseling, Kemandirian Anak, Panti Asuhan