Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Dr. Hartono, S.H, M.Si"

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    PEMBERDAYAAN PEREMPUAN RAWAN SOSIAL EKONOMI MELALUI PROGRAM SEKOLAH PEREMPUAN, ANAK, DAN MASYARAKAT MARJINAL DI DESA CANDIREJO KECAMATAN LOCERET KABUPATEN NGANJUK
    (Perpustakaan, 2025-10-26) Moh Bima Anugerah, NRM. 21.04.086; Dr. Hartono, S.H, M.Si; Ahmad Yaneri, S.ST, M.Kesos
    Moh Bima Anugerah, NRM. 21.04.086. Pemberdayaan Perempuan Rawan Sosial Ekonomi melalui Program Sekolah Perempuan, Anak dan Masyarakat Marjinal di Desa Candirejo Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Dibimbing oleh HARTONO LARAS dan AHMAD YANERI Pemberdayaan merupakan serangkaian kegiatan untuk memberikan penguatan kekuasaan atau keberdayaan kelompok rawan yang ada di masyarakat, termasuk masyarakat yang mengalami kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pemberdayaan Perempuan Rawan Sosial Ekonomi (PRSE) melalui Program Sekolah Perempuan Anak dan Masyarakat Marjinal (SAPA MAMA) di Desa Candirejo, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk. SAPA MAMA merupakan program pendidikan nonformal berbasis komunitas yang diinisiasi oleh pemerintah daerah untuk memperkuat kapasitas perempuan marjinal dan mendorong kesetaraan gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Fokus penelitian diarahkan pada tiga aspek pemberdayaan, yaitu partisipasi aktif, akses terhadap sumber daya, dan pemberdayaan ekonomi. Informan dalam penelitian ini sebanyak 6 (enam) orang terdiri dari 2 (dua) PRSE, fasilitator daerah, fasilitator desa, sekretaris desa, dan pendamping desa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterlibatan PRSE dalam pengambilan keputusan, pelaksanaan kegiatan, serta akses terhadap pelatihan kewirausahaan dan informasi. Selain itu, PRSE mengalami penguatan kapasitas sosial melalui perluasan jejaring dan rasa percaya diri. Namun, ditemukan hambatan dalam keberlanjutan program, khususnya terbatasnya akses terhadap pasar dan modal usaha. Untuk menjawab tantangan tersebut, peneliti mengusulkan program lanjutan bernama SAPA PASAR, yang berfokus pada peningkatan kapasitas manajerial, pemasaran digital, serta penguatan jaringan usaha. Program ini diharapkan mampu mendorong kemandirian ekonomi PRSE dan mewujudkan desa yang inklusif dan ramah perempuan. Kata Kunci: Pemberdayaan, PRSE, Program Sekolah Perempuan Anak dan Masyarakat Marjinal

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback