Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Dr. Yana Sundayani, M. Pd"

Now showing 1 - 3 of 3
Results Per Page
Sort Options
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    LAPORAN PRAKTIKUM KOMUNITAS - SOSIALISASI BAHAYA GADGET (SOBADGET) DI DESA CIPONDOK KECAMATAN KADUGEDE KABUPATEN KUNINGAN
    (Perpustakaan, 2025-03-26) Luthfi Muhammad Putra Nuryana NRP.21.04.044; Dra. Ami Maryami, M.Si; Dr. Yana Sundayani, M. Pd
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    PEMBINAAN PADA ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM DALAM PERILAKU SOSIAL DI SENTRA HANDAYANI DI JAKARTA
    (Perpustakaan, 2025-09-22) Shopy Putri Agustina. S . NRP. 21.04.080; Dr. Yana Sundayani, M. Pd; Muhammad Ananta Firdaus, M. Kesos
    Shopy Putri Agustina S, NRP. 21.04.080. Pembinaan Pada Anak Berhadapan dengan Hukum dalam Perilaku Sosial di Sentra Handayani di Jakarta. Dibimbing oleh YANA SUNDAYANI dan MUHAMMAD ANANTA FIRDAUS Perilaku sosial yang mengarah kriminalitas melibatkan anak di bawah umur semakin meningkat. Pembinaan perilaku sosial adalah upaya terencana membentuk dan mengubah perilaku atau cara orang bertindak dalam komunitas untuk lebih positif dalam berinteraksi dan menjalankan aktivitas sosial dengan baik. Penelitian ini bertujuan menganalisis Pembinaan Perilaku Sosial pada Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) Sentra Handayani di Jakarta meliputi (a) karakteristik informan; (b) pelaksanaan pembinaan; (c) faktor pendukung; (d) kendala atau tantangan yang dihadapi. Masalah perilaku sosial ABH di Sentra Handayani di Jakarta yaitu kurangnya tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan, kesulitan interaksi, dan perilaku agresif. Pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Informan meliputi ABH, pekerja sosial, psikolog, pengasuh, dan instruktur vokasional. Hasil penelitian menunjukkan pembinaan di Sentra Handayani di Jakarta telah mengimplementasikan empat bentuk tindakan sosial: rasionalitas instrumental (pelatihan vokasional dan bimbingan sosial terjadwal), rasionalitas berorientasi nilai (penanaman disiplin dan tanggung jawab melalui keteladanan), tradisional (rutinitas harian dan kebiasaan positif), dan afektif (pendekatan empati dan perhatian). Faktor pendukung meliputi keteladanan pembina, proses kognitif yang mendorong pemahaman nilai, lingkungan fisik dan sosial yang kondusif, serta tatar budaya sopan santun. Kendala seperti rendahnya tanggung jawab ABH, konflik anak, kecenderungan membentuk geng-gengan, dan dampak lingkungan keras masih menjadi tantangan. Program “OPSI ABH” diusulkan untuk meningkatkan pemahaman tanggung jawab, kemampuan penyelesaian masalah, kebersamaan, dan dukungan keluarga melalui workshop seni, petualangan pemecahan masalah, dan workshop keluarga menggunakan recreation skills groups. Kata kunci: Pembinaan, Perilaku sosial, Anak Berhadapan dengan Hukum
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    PERILAKU ANAK BINAAN MELALUI PROGRAM PEMBINAAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KOTA BANDUNG
    (Perpustakaan, 2025-10-26) MUHAMMAD SULAIMAN BAGJA, NRP. 21.04.048; Dr. Yana Sundayani, M. Pd; Dra. Nenden Rainy Sundary, MP
    MUHAMMAD SULAIMAN BAGJA, NRP. 21.04.048, Perilaku Anak Binaan Melalui Program Pembinaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kota Bandung. Dosen Pembimbing: YANA SUNDAYANI dan NENDEN RAINY SUNDARY. Perilaku berasal dari niat dan menghasilkan tindakan, kebiasaan, atau respons individu. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran empiris mengenai:1) Karakteristik responden, 2) Aspek Sikap, 3) Aspek norma subjektif, dan 4) Aspek kontrol diri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 200 anak binaan yang berada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kota Bandung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling dengan jumlah sampel 132 menggunakan aplikasi macorr. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan studi dokumentasi. Skala pengukuran penelitian ini menggunakan skala Likert. Uji validitas yang digunakan adalah validitas muka (face validity), dan uji reliabilitas menggunakan alpha Cronbach dengan hasil 0,841 > 0,7 (reliabilitas bagus). Hasil penelitian menunjukan perilaku anak binaan pada kategori tinggi dengan skor 13.873 (87,58%). Aspek sikap memiliki skor 4.706 (89,12%), norma subjektif 4.703 (89,07%), dan kontrol diri 4.464 (84,54%). Temuan penelitian menunjukan kontrol diri terhadap kekuatan terhadap faktor eksternal yaitu pengaruh teman sebaya, sikap terhadap evaluasi hasil perilaku dan memehuhi tekanan sosial perlu ditingkatkan. Oleh sebab itu, peneliti mengusulkan program JAGO DIRI (Jadi Anak Gaul, Optimis, dan Disiplin Kontrol Diri) dengan metode social group work tipe kelompok socialization group di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kota Bandung. Kata Kunci: Perilaku, Anak Binaan, Program Pembinaan

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback