Browsing by Author "Dr.Aep Rusmana, S.Sos., M.Si"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Pengaruh Integratif Terapi Realitas Dan Play Therapy Terhadap Tingkat Keterampilan Sosial Penyandang Disabilitas Mental Di Sentra Margo Laras Pati Propinsi Jawa Tengah(Perpustakaan, 2023-12-12) Asep Hidayat; Dr.Aep Rusmana, S.Sos., M.Si; Dr.Nurjanah, M.PdThe Integrative Effect Of Reality Therapy And Play Therapy On The Level Of Social Skills Of Persons With Mental Disabilities In Sentra Margo Laras Pati Central Java Province Asep Hidayat Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung Dr.Aep Rusmana, S.Sos., M.Si Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung Dr.Nurjanah, M.Pd Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung ABSTRACT This research is motivated by the problems of people with mental disabilities at the Margo Laras Center in Pati, namely low social skills. Social skills are interaction skills with other people in a social context in a specific way that is acceptable to society. Therefore, every individual is required to have social skills to be able to adapt to the surrounding environment so that they can overcome all the problems that arise as a result of interaction with their social environment. Low social skills if not handled properly can reduce the productivity of persons with mental disabilities so that in the future it will become a burden for families and society as well as for persons with mental disabilities themselves. The purpose of this study was to obtain an empirical description and analyze the characteristics of the subject, condition of communication skills, social interaction, cooperation, and subject motivation after receiving Integrative Reality Therapy and Play Therapy. This research in the application of play therapy is used to bring out behavior that lies in providing an environment that supports and helps individuals to develop problem-solving abilities and capacities for spontaneous social interaction then uses reality therapy to change ways of thinking and behavior due to distorted thinking which has an impact on low skills social subject. The method used in this study is a quantitative method with a Single Subject Design. Data collection techniques were carried out through interviews, and observation instruments. The data analysis technique used in this study is a quantitative data analysis technique using visual analysis within and between conditions. The results of the research data from the Baseline phase (A1) to the Results phase (A2) show an increase in the direction of the social skills chart. Thus Integrative Reality Therapy and Play Therapy can be used as alternative therapies to improve social skills for persons with mental disabilities. Keywords: Play Therapy, Reality Therapy, Social Skills Pengaruh Integratif Terapi Realitas Dan Play Therapy Terhadap Tingkat Keterampilan Sosial Penyandang Disabilitas Mental Di Sentra Margo Laras Pati Propinsi Jawa Tengah Asep Hidayat Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung Dr.Aep Rusmana, S.Sos., M.Si Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung Dr.Nurjanah, M.Pd Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan penyandang disablitas mental di Sentra Margo Laras di Pati yaitu keterampilan sosial yang rendah. Keterampilan sosial merupakan keterampilan interaksi dengan orang lain dalam konteks sosial dengan cara yang spesifik yang dapat diterima oleh masyarakat. Oleh karena itu setiap individu dituntut untuk memiliki kemampuan keterampilan-keterampilan sosial agar mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungan sekitarnya sehingga mampu mengatasi segala permasalahan yang timbul dari hasil interaksi dengan lingkungan sosialnya. Keterampilan sosial yang rendah bila tidak ditangani dengan baik dapat menurunkan produktifitas penyandang disabilitas mental sehingga nantinya akan menjadi beban bagi keluarga dan masyarakat serta bagi penyandang disabilitas mental itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi empiris dan menganalisis karakteristik subjek, kondisi kemampuan komunikasi, interaksi sosial, kerjasama, motivasi subjek setelah menerima Integratif Terapi Realitas dan Play Therapy. Penelitian ini dalam penerapan play therapy digunakan untuk memunculkan perilaku yang terletak pada penyediaan lingkungan yang mendukung dan membantu individu untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dan kapasitas untuk interaksi sosial spontan kemudian menggunakan terapi realitas untuk mengubah cara berfikir dan perilaku akibat pemikiran yang terdistorsi yang berdampak kepada rendahnya keterampilan sosial subjek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan Single Subject Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, instrumen observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan analisis visual dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian data fase Baseline (A1) sampai fase Hasil (A2) menunjukkan meningkatnya arah grafik keterampilan sosial. Dengan demikian Integratif Terapi Realitas dan Play Therapy dapat dijadikan sebagai alternatif terapi untuk meningkatkan keterampilan sosial bagi penyandang disabilitas mental. Kata kunci: Play Therapy, Terapi Realitas, Keterampilan Sosial