Browsing by Author "FAINE NYDIA MERIHTA, 19.04.140."
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Peran Pengasuh Dalam Membentuk Kemandirian Anak di Panti Sosial Asuhan Anak Al – Hilal Kota Bandung. Ujian Akhir Program Studi, Sarjana Terapan Pekerjaan Sosial, Juni 2023,(Perpustakaan, 2024-02-23) FAINE NYDIA MERIHTA, 19.04.140.; Pribowo; Endah Dwi WinarniABSTRAK FAINE NYDIA MERIHTA, 19.04.140. Peran Pengasuh Dalam Membentuk Kemandirian Anak di Panti Sosial Asuhan Anak Al – Hilal Kota Bandung. Ujian Akhir Program Studi, Sarjana Terapan Pekerjaan Sosial, Juni 2023, Dibimbing oleh Pribowo dan Endah Dwi Winarni Anak perlu diajarkan kemandirian agar dapat mempersiapkan anak untuk belajar betanggung jawab terhadap kehidupannya sendiri kelak, selain itu kemandirian juga dapat melatih anak untuk belajar menentukan pilihannya sendiri karena kemandirian anak tidak terbentuk dengan sendirinya, sehingga peran orang tua sangat penting untuk melatih kemandirian anak. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan atau field research, yang artinya, peneliti terjun langsung di lapangan yakni Panti Sosial Asuhan Anak Al – Hilal agar memperoleh data yang akurat dan dapat dipahami sesuai dengan tujuan penelitian ini. Peneliti dalam penelitian ini fokus pada peran pengasuh dalam membentuk kemandirian anak di Panti Sosial Asuhan Anak Al – Hilal Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji bagaimana peran pengasuh dalam mendidik, membimbing, dan memberikan rasa aman pada anak asuh. Pada analisis hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa peran pengasuh dalam membentuk kemandirian anak di Panti Sosial Asuhan Anak Al – Hilal ini dengan menerapkan program wajib yang ada di Panti, pendidikan karakter anak dengan pendisiplinan dan memberikan pemahaman extra kepada anak asuh tentang pengambilan keputusan yang benar. Beberapa permasalahan yang ada terjadi karena kemandirian anak yang belum tercapai sepenuhnya khususnya pada anak – anak remaja usia 14 – 16 tahun dan adanya keterbatasan pengurus. Hal tersebut juga disebabkan karena kurangnya Sumber Daya Manusia di Panti Sosial Asuhan Anak Al – Hilal Kota Bandung ini sehingga masih kurang efektif untuk membentuk kemandirian anak. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti mengusulkan sebuah program yaitu dengan memberikan peningkatan dalam aspek pengetahuan, keterampilan, kreativitas yang nantinya akan berpengaruh juga terhadap pola asuh anak tersebut. Kata Kunci: Kemandirian Anak, Peran Pengasuh, Anak, Program ABSTRACT FAINE NYDIA MERIHTA, 19.04.140. Peran Pengasuh Dalam Membentuk Kemandirian Anak di Panti Sosial Asuhan Anak Al – Hilal Kota Bandung. Ujian Akhir Program Studi, Sarjana Terapan Pekerjaan Sosial, Juni 2023, Dibimbing oleh Pribowo dan Endah Dwi Winarni Children need to be taught independence so that they can prepare children to learn to be responsible for their own lives in the future, besides that independence can also train children to learn to make their own choices because children's independence is not formed by itself, so the role of parents is very important to train children's independence. This type of research uses field research or field research, which means that researchers work directly in the field, namely the Al-Hilal Children's Orphanage in order to obtain accurate and understandable data in accordance with the objectives of this study. Researchers in this study focused on the role of caregivers in establishing children's independence at the Al-Hilal Children's Social Institution in Bandung City. The purpose of this study is to examine how the role of caregivers in educating, guiding, and providing a sense of security to foster children. In the analysis of the results of this study, it can be concluded that the role of caregivers in shaping children's independence at the Al-Hilal Children's Orphanage is by implementing mandatory programs in the orphanage, character education for children with discipline, and providing extra understanding to foster children about decision making Correct. Some of the existing problems occur because the child's independence has not been fully achieved, especially in adolescents aged 14-16 years and there are limited administrators. This is also due to the lack of human resources at the Al-Hilal Children's Social Institution in the city of Bandung, so it is still ineffective in forming child independence. Based on the results of this study, the researcher proposes a program that is by providing improvements in aspects of knowledge, skills, creativity which will also affect the child's upbringing. Keywords: Children's Independence, Role of Caregivers, Children, Program