Browsing by Author "HASNA KARIMAH, NRP.20.02.088,"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Motivasi Remaja Dalam Mengikuti Keterampilan Vokasional di Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 2 Tangerang Selatan.(Perpustakaan, 2024-10-05) HASNA KARIMAH, NRP.20.02.088,; Meiti Subardhini; Elin HerlinaHASNA KARIMAH, NRP.20.02.088, Motivasi Remaja Dalam Mengikuti Keterampilan Vokasional di Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 2 Tangerang Selatan. Dibimbing oleh Meiti Subardhini dan Elin Herlina. Penelitian ini meneliti tentang motivasi remaja dalam mengikuti keterampilan vokasional di Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 2 Tangerang Selatan. Motivasi menjadi salah satu hal yang penting dalam diri remaja untuk mencapai tujuan yang diinginkannya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi remaja dalam mengikuti keterampilan vokasional di Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 2 Tangerang Selatan, juga untuk memperoleh gambaran secara empiris tentang keinginan untuk berhasil, dorongan untuk belajar, harapan dimasa depan, penghargaan dalam belajar, kegiatan yang menarik dalam belajar, dan lingkungan belajar yang kondusif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode deskriptif. Responden dalam penelitian ini yaitu remaja berusia 15-24 tahun yang mengikuti keterampilan vokasional di Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 2 Tangerang Selatan. Adapun uji validitas dan alat ukur yang digunakan adalah face validity dengan alat ukur skala likert. Teknik pengumpulan data digunakan melalui kuesioner dan studi dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi remaja dalam mengikuti keterampilan vokasional di Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 2 Tangerang Selatan pada aspek penghargaan dalam belajar termasuk pada kategori “sedang” dengan skor 1043. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa remaja kurang menghargai usaha yang sudah dilakukan, tidak mengetahui apa yang akan dilakukan setelah masa pembinaan selesai dan lingkungan sekitar kurang memberikan apresiasi dalam bentuk verbal maupun nonverbal kepada remaja. Maka dari itu peneliti dapat mengusulkan program “Hargai dan Apresiasi (HARPES)” yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri remaja dan keyakinan pada kemampuan yang dimilikinya. Kata kunci: Motivasi, Remaja, Keterampilan Vokasional, Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 2 ABSTRAK HASNA KARIMAH, NRP.20.02.088, Motivation of Adolescents in Pursuing Vocational Skills at the Taruna Jaya 2 Social Rehabilitation Center for Adolescents in South Tangerang. Supervised by Meiti Subardhini and Elin Herlina. This research investigates the motivation of adolescents in pursuing vocational skills at the Taruna Jaya 2 Social Rehabilitation Center for Adolescents in South Tangerang. Motivation is one of the important things in adolescents to achieve their desired goals. The objectives of this research are to determine the motivation of adolescents in pursuing vocational skills at the Taruna Jaya 2 Social Rehabilitation Center for Adolescents in South Tangerang, and also to obtain an empirical picture of the existence of a desire to succeed, motivation to learn, hope for the future, appreciation in learning, interesting learning activities, and a conducive learning environment. The approach used in this research is quantitative with a descriptive method. The respondents in this study are adolescents aged 15-24 years who are participating in vocational skills training at the Taruna Jaya 2 Social Rehabilitation Center for Adolescents in South Tangerang. The validity test and measuring instrument used is face validity with a Likert scale measuring instrument. Data collection techniques were used through questionnaires and documentation studies. The results of the study show that the motivation of adolescents in pursuing vocational skills at the Taruna Jaya 2 Social Rehabilitation Center for Adolescents in South Tangerang in the aspect of having an appreciation for learning is in the "moderate" category with a score of 1043. The findings of the study revealed that adolescents tend to undervalue their efforts, are unsure of their future plans after rehabilitation, and receive insufficient verbal and nonverbal appreciation from their surroundings. Therefore, the researcher proposes the "Value and Appreciate" program, which aims to boost adolescents' self-confidence and belief in their abilities. Keywords: Motivation, Adolescent, Vocational Skills, Taruna Jaya 2 Social Rehabilitation Center for Adolescents