Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "JOANIE EVELYN ANDRIES, 20.02.029"

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    Peranan Pengasuh dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Anak di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Nugraha Kota Bandung
    (Perpustakaan, 2024-08-14) JOANIE EVELYN ANDRIES, 20.02.029; MOCH ZAENAL HAKIM; SILVIA FATMAH NURUSSHOBAH
    JOANIE EVELYN ANDRIES, 20.02.029 Peranan Pengasuh dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Anak di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Nugraha Kota Bandung, Dosen Pembimbing : MOCH ZAENAL HAKIM dan SILVIA FATMAH NURUSSHOBAH Penelitian ini mengkaji tentang peranan pengasuh dalam menanamkan pendidikan karakter anak di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Nugraha Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam tentang 1) karakteristik informan, 2) peranan pengasuh dalam menanamkan nilai karakter anak yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, 3) peranan pengasuh dalam menanamkan nilai karakter anak yang berhubungan dengan diri sendiri, 4) peranan pengasuh dalam menanamkan pendidikan karakter anak yang berhubungan dengan sesama, 5) peranan pengasuh dalam menanamkan karakter anak yang berhubungan dengan lingkungan, 6) peranan pengasuh dalam menanamkan karakter anak yang berhubungan dengan kebangsaan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pengasuh dalam peranannya, mengupayakan berbagai metode untuk menanamkan nilai karakter namun juga mendapat respon yang bervariasi dari anak-anak. Metode yang beragam namun tidak optimal pun dapat mempengaruhi tingkat kesadaran anak tentang pentingnya nilai karakter, untuk itu berdasarkan permasalahan tersebut peneliti mengusulkan program “Peningkatan Pemahaman Pengasuh dalam Meningkatkan Kesadaran Anak Tentang Nilai Karakter”, dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan pengasuh dalam membangun kesadaran anak terhadap nilai-nilai karakter dan pentingnya implementasi dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Peranan Pengasuh, Pendidikan Karakter, Peningkatan Pemahaman

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback