Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "KARTIKA KAROLINA TARIGAN, 19.04.100."

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • No Thumbnail Available
    Item
    Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Kecanduan Game online di SMA Negeri 1 Batujajar Kabupaten Bandung Barat, Dosen Pembimbing: Bambang Rustanto dan Yeane Ellen Merry Tungga.
    (Perpustakaan, 2024-03-13) KARTIKA KAROLINA TARIGAN, 19.04.100.; Bambang Rustanto; Yeane Ellen Merry Tungga
    ABSTRAK KARTIKA KAROLINA TARIGAN, 19.04.100. Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Kecanduan Game online di SMA Negeri 1 Batujajar Kabupaten Bandung Barat, Dosen Pembimbing: Bambang Rustanto dan Yeane Ellen Merry Tungga. Pola asuh adalah cara orang tua dalam mendidik dan membimbing anak dalam membentuk perilaku yang baik menuju proses pendewasaannya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara empiris terkait: 1) Karakteristik responden, 2) Kontrol orang tua terhadap responden anak kecanduan game online, 3) Tuntutan orang tua terhadap responden anak kecanduan game online, 4) Penerimaan orang tua terhadap responden anak kecanduan game online, 5) Ketanggapan orang tua terhadap responden anak kecanduan game online. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis survey deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMA Negeri 1 Batujajar yang usia 16-18 tahun atau berada di kelas 11 yang mengalami kecanduan terhadap game online sebanyak 85 orang. Pengambilan sampel menggunakan sensus atau seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Alat ukur menggunakan Rating Scale dan uji validitas menggunakan Face Validity serta uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola asuh orang tua terhadap anak kecanduan game online di SMA Negeri 1 Batujajar Kabupaten Bandung Barat berada pada kategori tinggi. Pada indikator kontrol orang tua terhadap responden berada pada kategori sedang, indikator tuntutan orang tua terhadap responden berada pada kategori tinggi, indikator penerimaan orang tua terhadap responden berada pada kategori sedang. Dan indikator ketanggapan orang tua terhadap responden berada pada kategori tinggi. Analisis masalah menunjukkan bahwa permasalahan pada kontrol orang tua terhadap anak yang masih memiliki nilai terkecil daripada indikator lainnya. Oleh karena itu, maka diusulkan program alternatif untuk meningkatkan pengasuhan orang tua siswa di SMA Negeri 1 Kabupaten Bandung Barat yaitu “Penyuluhan Peningkatan Kapasitas Orang Tua dalam Penanganan Kecanduan Game online Pada Anak Usia Remaja di SMA Negeri 1 Batujajar Kabupaten Bandung Barat”. Kata Kunci: Pola Asuh, Orang Tua, Kecanduan Game online

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback