Browsing by Author "LAILI NADIFA, 1904160."
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Komnikasi Antarpribadi Siswa SLB dengan Temannya di Sekolah Luar Biasa Negeri Sukapura Kota Bandung, Skripsi, Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung,(perpustakaan, 2024-01-08) LAILI NADIFA, 1904160.; Aep Rusmana; Nurhayani LubisABSTRAK LAILI NADIFA, 1904160. Komnikasi Antarpribadi Siswa SLB dengan Temannya di Sekolah Luar Biasa Negeri Sukapura Kota Bandung, Skripsi, Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung, Aep Rusmana dan Nurhayani Lubis Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang komunikasi antarpribadi siswa disabilitas rungu wicara dengan temannya di Sekolah Luar Biasa Negeri Sukapura Kota Bandung, yang dilihat dari aspek penyampaian pesan nonverbal, proses komunikasi antarpribadi siswa disabilitas rungu wicara dan aspek gangguan (noise) dalam komunikasi antarpribadi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini sebanyak 3 orang informan yang terdiri dari guru pengajar dan wali kelas siswa disabilitas rungu wicara. Penentuan informan ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan, wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji keteralihan, uji kebergantungan dan uji kepastian. Dan Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antarpribadi siswa disabilitas dengan temannya di Sekolah Luar Biasa Negeri Sukapura Kota Bandung sudah optimal, namun masih sering terjadi mis komunikasi dan masih sering kurang tepat dalam menempatkan kata-kata saat berkomunikasi melalui whatsapp. Berdasarkan hal tersebut, makan diusulkan “Program Pelatihan Bahasa Isyarat dan Penggunaan Whatsapp dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Disabilitas Rungu Wicara Berkomunikasi Antarpribadi dengan Temannya di Sekolah Luar Biasa Negeri Sukapura Kota Bandung”. Tujuan dari progam ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan komunikasi antarpribadi dengan temannya di Sekolah Luar Biasa Negeri Sukapura Kota Bandung. Kata Kunci: Komunikasi Antarpribadi, Siswa Disabilitas Rungu Wicara, Sekolah Luar Biasa (SLB) ABSTRACT LAILI NADIFA, 1904160. Interpersonal Communication of SLB Students with Friends at the Sukapura State Special School in Bandung City, Thesis, Bandung Social Welfare Polytechnic, Aep Rusmana and Nurhayani Lubis This study aims to obtain an overview of the interpersonal communication of students with hearing disabilities and their friends at the Sukapura State Special School in Bandung, which is seen from the aspect of delivering nonverbal messages, the process of interpersonal communication of students with hearing disabilities and aspects of noise in interpersonal communication. This research uses a descriptive method with a qualitative approach. Informants in this study were 3 informants consisting of teaching teachers and homeroom teachers for students with hearing disabilities. Determination of this informant using a purposive technique. Data collection techniques using in-depth interviews, observation, and documentation studies. Data validity checking techniques use credibility tests, transferability tests, dependency tests and certainty tests. And the data analysis technique uses data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study showed that interpersonal communication between students with disabilities and their friends at the Sukapura State Special School in Bandung was optimal, however, miscommunication often occurred and the placement of words was often inaccurate when communicating via WhatsApp. Based on this, it is proposed "Sign Language Training Program and the Use of Whatsapp in Improving the Ability of Students with Deaf Speech Disabilities to Communicate Interpersonally with Their Friends at the Sukapura State Special School, Bandung City". The purpose of this program is to improve students' ability to communicate interpersonally with their friends at the Sukapura State Special School, Bandung. Keywords: Interpersonal Communication, Students with Deaf Speech Disabilities, Special Schools (SLB)