Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "MOHAMAD NOVI AYANTO, 21.04.055."

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    Partisipasi Siswa Dalam Mitigasi Bencana Gempa Bumi Di SMPN 3 Lembang Kabupaten Bandung Barat, Dibimbing
    (Perpustakaan, 2025-09-23) MOHAMAD NOVI AYANTO, 21.04.055.; Nurjanah; Ade Subarkah
    MOHAMAD NOVI AYANTO, 21.04.055. Partisipasi Siswa Dalam Mitigasi Bencana Gempa Bumi Di SMPN 3 Lembang Kabupaten Bandung Barat, Dibimbing oleh Nurjanah Dan Ade Subarkah Partisipasi anak dalam mitigasi bencana memberikan kesempatan untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan kepercayaan diri siswa. Partisipasi aktif siswa tidak hanya melindungi mereka dari dampak bencana, tetapi juga memberdayakan mereka sebagai agen perubahan dalam masyarakat. Skripsi ini membahas partisipasi siswa dalam mitigasi bencana gempa bumi di SMP Negeri 3 Lembang. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu enam informan yang terdiri dari tiga orang siswa yang pernah mengikuti kegiatan mitigasi bencana dan tiga orang guru. Skripsi ini fokus pada fenomena pemberian ruang partisipasi (space), penggunaan suara (voice), respons sekolah sebagai pendengar (audience), serta pengaruh (influence) siswa terhadap program mitigasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun sekolah telah menyediakan ruang partisipasi fisik dan psikologis bagi siswa, ruang tersebut belum terisi oleh ide atau gagasan terkait mitigasi bencana. Siswa memang memiliki kenyamanan dan akses dalam menyampaikan pendapat, namun keterlibatan mereka masih terbatas pada kegiatan umum dan belum menyentuh aspek mitigasi bencana. Kapasitas siswa terkait mitigasi bencana yang belum konsisten menyebabkan rendahnya pengetahuan, kesadaran, dan kepercayaan diri siswa dalam menyuarakan ide terkait isu tersebut. Respons sekolah terhadap aspirasi siswa juga belum konsisten. Partisipasi siswa masih cenderung bersifat simbolis, belum terintegrasi dalam kebijakan, dan masih membutuhkan mekanisme umpan balik yang lebih terstruktur. Peneliti melihat adanya kebutuhan dalam peningkatan kapasitas terkait mitigasi bencana dan mendorong adanya partisipasi aktif siswa. Peneliti mengusulkan program "Sekolah Siaga Bencana SMPN 3 Lembang (SIGAB)" sebagai solusi terpadu yang dapat memberikan ruang partisipasi kepada siswa. Kata Kunci: Partisispasi siswa, Mitigasi Bencana, Sekolah Siaga Becnana

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback