Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Nandang Susila, AKS.,MP"

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    KOMUNIKASI SOSIAL PADA ANAK PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK RUNGU DI SLB DIAN KAHURIPAN KOTA JAKARTA TIMUR DKI JAKARTA
    (Perpustakaan, 2025-11-23) AMALIA KRISTI, NRP. 21.04.108; Dr. Denti Kardeti, M.Si; Nandang Susila, AKS.,MP
    AMALIA KRISTI, NRP. 21.04.108: Komunikasi Sosial pada Anak Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu di Sekolah Luar Biasa Dian Kahuripan Kota Jakarta Timur. Dosen Pembimbing: Denti Kardeti dan Nandang Susila Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi sosial pada anak penyandang disabilitas sensorik rungu di SLB Dian Kahuripan Kota Jakarta Timur DKI Jakarta. Pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data primer berasal dari observasi langsung, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi, sedangkan data sekunder diperoleh dari arsip sekolah dan literatur terkait. Informan terdiri dari empat orang, yaitu dua guru dan dua orang tua anak penyandang disabilitas sensorik rungu. Teknik pengambilan data meliputi wawancara, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan bantuan pedoman wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi sosial anak penyandang disabilitas sensorik rungu mencakup aspek verbal, nonverbal, kontekstual, psikologis, dan teknis yang berkembang melalui pendekatan multisensorik, dukungan lingkungan, dan penggunaan media visual serta teknologi sederhana. Aspek nonverbal kontekstual, psikologis, dan teknis memiliki tantangan tersendiri namun dapat dioptimalkan melalui strategi pembelajaran kontekstual dan komunikasi empatik dari guru dan orang tua. Aspek verbal anak penyandang disabilitas sensorik rungu dari segi bahasa masih menggunakan kalimat sederhana, struktur kalimat belum sesuai dengan kaidah tata bahasa baku, kosakata yang dikuasai masih berkaitan dengan kebutuhan konkret, dan pemahaman terhadap konsep abstrak masih terbatas. Peneliti mengusulkan “Program Penguatan Komunikasi Sosial Terstruktur bagi Anak Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu” sebagai intervensi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi sosial melalui pendekatan verbal dan nonverbal yang kontekstual, reflektif, dan multisensorik. Kata Kunci: Komunikasi Sosial, Anak, Anak Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback