Browsing by Author "Nurhayani Lubis"
Now showing 1 - 3 of 3
Results Per Page
Sort Options
Item Komnikasi Antarpribadi Siswa SLB dengan Temannya di Sekolah Luar Biasa Negeri Sukapura Kota Bandung, Skripsi, Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung,(perpustakaan, 2024-01-08) LAILI NADIFA, 1904160.; Aep Rusmana; Nurhayani LubisABSTRAK LAILI NADIFA, 1904160. Komnikasi Antarpribadi Siswa SLB dengan Temannya di Sekolah Luar Biasa Negeri Sukapura Kota Bandung, Skripsi, Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung, Aep Rusmana dan Nurhayani Lubis Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang komunikasi antarpribadi siswa disabilitas rungu wicara dengan temannya di Sekolah Luar Biasa Negeri Sukapura Kota Bandung, yang dilihat dari aspek penyampaian pesan nonverbal, proses komunikasi antarpribadi siswa disabilitas rungu wicara dan aspek gangguan (noise) dalam komunikasi antarpribadi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini sebanyak 3 orang informan yang terdiri dari guru pengajar dan wali kelas siswa disabilitas rungu wicara. Penentuan informan ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan, wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji keteralihan, uji kebergantungan dan uji kepastian. Dan Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antarpribadi siswa disabilitas dengan temannya di Sekolah Luar Biasa Negeri Sukapura Kota Bandung sudah optimal, namun masih sering terjadi mis komunikasi dan masih sering kurang tepat dalam menempatkan kata-kata saat berkomunikasi melalui whatsapp. Berdasarkan hal tersebut, makan diusulkan “Program Pelatihan Bahasa Isyarat dan Penggunaan Whatsapp dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Disabilitas Rungu Wicara Berkomunikasi Antarpribadi dengan Temannya di Sekolah Luar Biasa Negeri Sukapura Kota Bandung”. Tujuan dari progam ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan komunikasi antarpribadi dengan temannya di Sekolah Luar Biasa Negeri Sukapura Kota Bandung. Kata Kunci: Komunikasi Antarpribadi, Siswa Disabilitas Rungu Wicara, Sekolah Luar Biasa (SLB) ABSTRACT LAILI NADIFA, 1904160. Interpersonal Communication of SLB Students with Friends at the Sukapura State Special School in Bandung City, Thesis, Bandung Social Welfare Polytechnic, Aep Rusmana and Nurhayani Lubis This study aims to obtain an overview of the interpersonal communication of students with hearing disabilities and their friends at the Sukapura State Special School in Bandung, which is seen from the aspect of delivering nonverbal messages, the process of interpersonal communication of students with hearing disabilities and aspects of noise in interpersonal communication. This research uses a descriptive method with a qualitative approach. Informants in this study were 3 informants consisting of teaching teachers and homeroom teachers for students with hearing disabilities. Determination of this informant using a purposive technique. Data collection techniques using in-depth interviews, observation, and documentation studies. Data validity checking techniques use credibility tests, transferability tests, dependency tests and certainty tests. And the data analysis technique uses data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study showed that interpersonal communication between students with disabilities and their friends at the Sukapura State Special School in Bandung was optimal, however, miscommunication often occurred and the placement of words was often inaccurate when communicating via WhatsApp. Based on this, it is proposed "Sign Language Training Program and the Use of Whatsapp in Improving the Ability of Students with Deaf Speech Disabilities to Communicate Interpersonally with Their Friends at the Sukapura State Special School, Bandung City". The purpose of this program is to improve students' ability to communicate interpersonally with their friends at the Sukapura State Special School, Bandung. Keywords: Interpersonal Communication, Students with Deaf Speech Disabilities, Special Schools (SLB)Item Pendampingan Anak Jalanan di Rumah Singgah Dinas Sosial Kota Bandung,(Perpustakaan, 2024-03-14) MUHAMMAD NIZAR SAYYID, 19.04.175.; Aep Rusmana; Nurhayani LubisABSTRAK MUHAMMAD NIZAR SAYYID, 19.04.175. Pendampingan Anak Jalanan di Rumah Singgah Dinas Sosial Kota Bandung, Dosen Pembimbing: Aep Rusmana dan Nurhayani Lubis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai bagaimana pendampingan sosial anak jalanan di Rumah Singgah Dinas Sosial Kota Bandung yang meliputi karakteristik informan, persiapan pendampingan, pelaksanaan pendampingan dan evaluasi pendampingan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah enam orang yang ditentukan dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi dan teknik pemeriksaan keabsahan data yang dilakukan yaitu derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan sosial anak jalanan di Rumah Singgah Dinas Sosial terdiri dari karakteristik informan, persiapan pendampingan, pelaksanaan pendampingan dan evaluasi pendampingan. Namun hal ini terlihat dari adanya hambatan pada aspek persiapan dan pelaksanaan. Faktor menyebabkan terjadinya hal tersebut yaitu pada persiapan pendampingan, sikap manipulatif anak jalanan terhadap pendamping, dan rentang fokus yang terbatas anak jalanan dalam proses kegiatan persiapan, yaitu saat melakukan kontrak dan asesmen. Anak jalanan menampilkan perilaku yang berpura-pura dan memberikan informasi yang tidak jelas atau berbohong dan pada pelaksanaan pendampingan rentang fokus anak jalanan yang terbatas dan bermalas-malasan, akan tetapi setelah diupayakan mengatasinya, hambatan tersebut dapat diatasi . Berdasarkan analisis masalah, analisis kebutuhan dan analisis sistem sumber maka program yang direkomendasikan adalah “Program Pelatihan Pendampingan Anak Jalanan di Rumah Singgah Dinas Sosial Kota Bandung”. Kata Kunci : Pendampingan Sosial, Anak Jalanan, Rumah Singgah Dinas Sosial BandungItem Pengasuhan Anak Di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Pelayanan Sosial Griya Ramah Anak Kabupaten Subang, Skripsi, Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung.(Perpustakaan, 2024-03-15) NURUL QORIYAH, 19.04.080.; Aep Rusmana; Nurhayani LubisABSTRAK NURUL QORIYAH, 19.04.080. Pengasuhan Anak Di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Pelayanan Sosial Griya Ramah Anak Kabupaten Subang, Skripsi, Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung. Dosen Pembimbing: Aep Rusmana dan Nurhayani Lubis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam tentang Pengasuhan Anak di UPTD Pusat Pelayanan Sosial Griya Ramah Anak Kabupaten Subang yang meliputi aspek pemenuhan kasih sayang, aspek pemenuhan kelekatan, aspek pemenuhan keselamatan dan aspek perencanaan penetapan dan berkelanjutan (permanensi), yang mengacu pada Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pengasuhan Anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji credibility (kepercayaan), uji transferability (keterahlihan), uji dependability (kebergantungan), dan uji confirmability (kepastian), dan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasuhan anak di UPTD Pusat Pelayanan Sosial Griya Ramah Anak Kabupaten Subang belum optimal. Menurut informasi dari ketiga informan, pengasuh sudah melaksanakan pengasuhan anak dengan sebaik mungkin, namun masih terdapat beberapa aspek pengasuhan yang belum optimal. Oleh karena itu, diusulkan “Program Pelatihan Keterampilan Pengasuhan Anak Di UPTD Pusat Pelayanan Sosial Griya Ramah Anak Kabupaten Subang”. Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pengasuhan anak di UPTD Pusat Pelayanan Sosial Griya Ramah Anak Kabupaten Subang, agar pengasuh mengerti bahwa pengasuhan sangat berpengaruh dalam tumbuh kembang anak, dan pengasuh menyadari untuk memberikan pengasuhan yang optimal kepada anak serta mampu menyeimbangkan perannya sebagai pemberi pengasuhan anak (pengasuh) dan pegawai di kantor. Kata Kunci : Pengasuhan, Anak Asuh, Pusat Pelayanan Anak