Browsing by Author "PRILI YERISHA OGTA, NRP.20.02.123."
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Anak dengan Autism Spectrum Disorder di Sekolah Luar Biasa Kota Bengkulu.(Perpustakaan, 2024-10-05) PRILI YERISHA OGTA, NRP.20.02.123.; RINI RINDA HARTINI ANDAYANI; ENUNG HURIPAHPRILI YERISHA OGTA, NRP.20.02.123. Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Anak dengan Autism Spectrum Disorder di Sekolah Luar Biasa Kota Bengkulu. Dibimbing oleh RINI RINDA HARTINI ANDAYANI dan ENUNG HURIPAH. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai dukungan dosial orang tua terhadap anak dengan ASD di SLB Kota Bengkulu. Aspek-aspek yang diteliti dalam penelitian ini yaitu; aspek dukungan emosional, aspek dukungan penilaian , aspek dukungan instrumental, dan aspek dukungan informatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan 35 sampel yang dipilih melalui teknik Sampling Total atau sensus. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan dukungan sosial orang tu terhadap anak dengan ASD di SLB Kota Bengkulu berada dalam kategori baik, namun demikian,masih terdapat beberapa aspek dukungan sosial yang belum dapat dioptimalkan oleh orang tua, yaitu aspek dukungan instrumental dan aspek dukungan penilaian. Implikasi dari penelitain ini terhadap anak dengan ASD adalah pentingnya dukungan sosial orang tua untuk meningkatkan kualitas hidup dan tumbuh kembang anak. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman kondisi dukungan sosial orang tua terhadap anak dengan Autism Spectrum Disorder di Sekolah Luar Biasa Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar pengembangan program pelatihan bagi orang tua untuk meningkatkan kualitas dukungan sosial mereka terhadap anak dengan ASD di SLB Kota Bengkulu. Kata Kunci : Dukungan Sosial, Autism Spectrum Disorder (ASD), Orang Tua ABSTRACT PRILI YERISHA OGTA, NRP.20.02.123. Parental Social Support for Children with Autism Spectrum Disorder in SES in Bengkulu. Supervised by RINI RINDA HARTINI ANDAYANI and ENUNG HURIPAH. This study aims to obtain an overview of parental social support for children with ASD in Special Education Schools (SES) in Bengkulu City. The aspects examined in this study include emotional support, appraisal support, instrumental support, and informational support. The research method employed is quantitative, with 35 samples selected through total sampling or the census technique. Data were collected using questionnaires and analyzed using descriptive statistics. The results of this study indicate that parental social support for children with ASD in SES Bengkulu City falls into the good category. However, there are still some aspects of social support that parents have not optimized, namely instrumental support and appraisal support. The implication of this research for children with ASD is the importance of parental social support in improving the quality of life and child development. This study contributes to understanding the condition of parental social support for children with autism spectrum disorder in Special Education Schools in Bengkulu City. The results of this study are expected to serve as a basis for developing training programs for parents to improve the quality of their social support for children with ASD in SES Bengkulu City. Keywords: Social Support, Autism Spectrum Disorder (ASD), Parents