Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "REVI HUSEIN ALFARIZI, NRP. 18.04.203"

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    PEMBERDAYAAN PEREMPUAN RAWAN SOSIAL EKONOMI MELALUI PROGRAM SEKOLAH PEREMPUAN HEBAT DI DESA PASIRMULYA KECAMATAN BANJARAN KABUPATEN BANDUNG
    (Perpustakaan, 2025-10-19) REVI HUSEIN ALFARIZI, NRP. 18.04.203; Susilawati, M.Si., Ph. D; Drs. Ramli A. Rahman, M. Pd
    REVI HUSEIN ALFARIZI, NRP. 18.04.203. Pemberdayaan Perempuan Rawan Sosial Ekonomi Melalui Sekolah Perempuan Hebat di Desa Pasirmulya Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung. Dibimbing oleh Susilawati, Ramli. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran empiris mengenai pemberdayaan Perempuan Rawan Sosial Ekonomi (PRSE) melalui Program Sekolah Perempuan Hebat di Desa Pasirmulya Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung. Fokus penelitian mencakup empat aspek pemberdayaan, yaitu kemampuan personal, interpersonal, sosial ekonomi, dan politik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam dan observasi terhadap informan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada seluruh aspek pemberdayaan. Pada aspek personal, peserta mengalami peningkatan kepercayaan diri, kesadaran potensi diri, dan motivasi untuk mencapai tujuan hidup. Pada aspek interpersonal, peserta menjadi lebih mampu berkomunikasi, bekerja sama, serta menunjukkan empati dan toleransi dalam lingkungan sosialnya. Pada aspek sosial ekonomi, peserta mampu mengelola keuangan, menabung, memanfaatkan peluang ekonomi, serta mulai mengembangkan usaha mandiri. Pada aspek politik, peserta lebih memahami hak-hak sebagai warga negara, aktif dalam kegiatan desa, dan memiliki kemampuan advokasi dalam mengawal kebijakan di tingkat lokal. Sebagai tindak lanjut, penelitian ini mengusulkan program penguatan kemampuan personal perempuan melalui pendekatan edukatif, partisipatif, dan transformatif, yang dirancang untuk menumbuhkan kepercayaan diri, kesadaran potensi diri, dan tujuan hidup, sebagai fondasi keberlanjutan pemberdayaan. Kata Kunci: Pemberdayaan Perempuan Rawan Sosial Ekonomi, Sekolah Perempuan Hebat, Pekerjaan Sosial

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback