Browsing by Author "ROSILAWATI."
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Implementasi Bantuan Sosial Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) melalui Kartu Lansia Jakarta (KLJ) di Kelurahan Kebon Baru Kecamatan Tebet Kota Jakarta Selatan. Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung. Pembimbing:(Perpustakaan, 2024-01-23) HANI ALFIAH, 1903032; SUHARMA; ROSILAWATI.ABSTRAK HANI ALFIAH, 1903032, Implementasi Bantuan Sosial Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) melalui Kartu Lansia Jakarta (KLJ) di Kelurahan Kebon Baru Kecamatan Tebet Kota Jakarta Selatan. Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung. Pembimbing: SUHARMA dan ROSILAWATI. Kebijakan perlindungan sosial lanjut usia (Lansia) oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta salah satunya yaitu program pemberian bantuan sosial Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) melalui Kartu Lansia Jakarta (KLJ). Tujuan penelitian untuk mengetahui implementasi bantuan sosial Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) melalui Kartu Lansia Jakarta (KLJ) di Kelurahan Kebon Baru Kecamatan Tebet Kota Jakarta Selatan, yang dilihat dari empat aspek yaitu aspek komunikasi program, sumber daya program, perilaku pelaksana program dan aspek struktur birokrasi program. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian adalah lansia penerima Kartu Lansia Jakarta (KLJ) di Kelurahan Kebon Baru dengan jumlah 158 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Skala pengukuran menggunakan skala likert dengan pengujian validitas muka (face validity) dan validitas konstruk (construct validity) serta uji reliabilitas menggunakan metode Alpha Cronbach’s dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 25. Teknik analisa data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan implementasi bantuan sosial Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) melalui Kartu Lansia Jakarta (KLJ) sudah terimplementasi dengan baik. Diketahui berdasarkan aspek komunikasi program dengan persentase 81.86%, aspek sumber daya program persentase 86.71%, aspek perilaku pelaksana program dengan persentase 88.00%, aspek struktur birokrasi program dengan persentase 87.88%. Meskipun demikian, masih terdapat permasalahan rendahnya pemanfaatan akses fasilitas pangan murah oleh penerima bantuan sosial Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) Kartu Lansia Jakarta (KLJ) dan rendahnya pemanfaatan akses fasilitas transportasi Transjakarta gratis oleh penerima bantuan sosial Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) Kartu Lansia Jakarta (KLJ). Berdasarkan hasil penelitian maka diusulkan Program Peningkatan Pemahaman Penerima Kartu Lansia Jakarta (KLJ) Tentang Pemanfaatan Fasilitas Program Bantuan Sosial Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) Kartu Lansia Jakarta (KLJ). Kata Kunci: Implementasi Program, Kartu Lansia Jakarta (KLJ), Lanjut Usia.