Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Rosita Siami Alfisyahrin, NRP. 21.04.247"

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    Dukungan Sosial Teman Sebaya pada Anak Autisme di SD Anak Saleh Kota Malang.
    (Perpustakaan, 2025-10-18) Rosita Siami Alfisyahrin, NRP. 21.04.247; MARJUKI; SUHENDAR
    Rosita Siami Alfisyahrin, NRP. 21.04.247. Dukungan Sosial Teman Sebaya pada Anak Autisme di SD Anak Saleh Kota Malang. Dibimbing oleh MARJUKI dan SUHENDAR. Anak autisme saat ini banyak menempuh pendidikan di sekolah inklusi. Dukungan sosial dari teman sebaya pada anak autisme yaitu adanya penerimaan dari teman sebaya yang menimbulkan persepsi bahwa anak autisme disayangi, diperhatikan, dihargai dan di tolong. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran dukungan sosial di SD Anak Saleh Kota Malang dari teman sebaya pada anak autisme serta faktor pendukung dan penghambatnya. Fokus penelitian yaitu: (1) karakteristik anak autisme dan teman sebaya, (2) bentuk dukungan sosial emosional, (3) bentuk dukungan sosial instrumental, (4) bentuk dukungan sosial informasi, (5) bentuk dukungan sosial penghargaan, (6) Faktor yang mendukung dan menghambat efektivitas dukungan sosial teman sebaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, studi dokumentasi dan triangulasi. Informan berjumlah 10 orang dengan teknik snowball sampling terdiri dari Wakabid. Kesiswaan Humas dan Sarpras SD Anak Saleh, Wali Kelas, Guru Pendamping Khusus (GPK) dan teman sebaya anak autisme. Hasil Penelitian menunjukkan (1) Terdapat perbedaan karakteristik pada anak autisme serta teman sebaya sehingga menentukan pemberian dukungan sosial, (2) dukungan sosial emosional berbentuk ekspresi empati, perlindungan, perhatian dan kepercayaan, (3) dukungan sosial instrumental berbentuk material dan jasa pelayanan, (4) dukungan sosial informasi berbentuk pemberian arah, pemberian nasehat, dan pemberian pertimbangan, (5) dukungan sosial penghargaan berbentuk penghargaan atas usaha yang telah dilakukan, (6) faktor pendukung terdiri dari faktor pendukung internal serta eksternal. Sedangkan faktor penghambat terdiri dari faktor penghambat internal serta eksternal. Berdasarkan hasil tersebut peneliti mengusulkan program SIGMA: Pelatihan Teman Sebaya dalam Memberikan Dukungan Sosial pada Anak Autisme. Kata Kunci: Anak Autisme, Dukungan Sosial, Teman Sebaya

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback