Browsing by Author "SABRINA WIDYASARI, 20.02.033."
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Peningkatan Kebahagiaan Lanjut Usia Melalui Program Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) di Desa Tunggorono, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang(Perpustakaan, 2024-09-23) SABRINA WIDYASARI, 20.02.033.; TUKINO; SULISTYARY ARDIYANTIKASABRINA WIDYASARI, 20.02.033. Peningkatan Kebahagiaan Lanjut Usia Melalui Program Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) di Desa Tunggorono, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Dibimbing oleh TUKINO dan SULISTYARY ARDIYANTIKA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kebahagiaan lanjut usia melalui program Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) di Desa Tunggorono Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang dengan mengkaji lebih dalam tentang 1) karakteristik informan; 2) self acceptance (penerimaan diri) dalam peningkatan kebahagiaan lansia; 3) environmental mastery (penguasaan terhadap lingkungan) dalam peningkatan kebahagiaan lansia; 4) autonomy (sikap mandiri) dalam peningkatan kebahagiaan lansia. Sekolah lansia merupakan pembelajaran bagi lansia, terutama lansia yang masih potensial di dalam keluarga dan masyarakat. Adanya sekolah lansia di kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL) bertujuan untuk mewujudkan lansia yang SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif dan Bermartabat) melalui 7 (tujuh) dimensi lansia tangguh yakni dimensi spiritual, dimensi fisik, dimensi emosional, dimensi intelektual, dimensi sosial kemasyarakatan, dimensi professional vokasional dan dimensi lingkungan.. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, studi dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kebahagiaan lanjut usia setelah mengikuti program Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) sesuai dengan aspek yang telah di teliti menggunakan teori Psychological Well-Being (PWB) Ryff dan Singer (1996). Hasil temuan penelitian menujukkan bahwa beberapa dari peserta sekolah lansia ini mengalami kesulitan dalam mengendalikan emosi terutama dalam hubungannya dengan keluarga atau orang terdekat mereka dan jadwal pemeriksaan kesehatan rutin lansia yang bersamaan dengan jadwal sekolah lansia sehingga menyebabkan beberapa lansia peserta Selantang harus datang terlambat. Adanya temuan permasalahan tersebut, maka diusulkan program yang bernama “Sentuhan Kasih untuk Lansia (Sekala)”. Kata kunci: Peningkatan, Kebahagiaan, Lanjut Usia, Sekolah Lansia. ABSTRACT SABRINA WIDYASARI, 20.02.033. The Increase in Elderly Happiness Through the Tangguh Elderly School (Selantang) Program in Tunggorono Village, Jombang District, Jombang Regency, Supervised by TUKINO and SULISTYARY ARDIYANTIKA This research aims to examine the increase in happiness among the elderly through the Tangguh Elderly School (Selantang) program in Tunggorono Village, Jombang District, Jombang Regency by delving into: 1) the characteristics of the informants; 2) self-acceptance in enhancing elderly happiness; 3) environmental mastery in enhancing elderly happiness; and 4) autonomy in enhancing elderly happiness. The elderly school is an educational program for seniors, particularly those who are still active within their families and communities. The purpose of the elderly school in the Bina Keluarga Lansia (BKL) group is to develop SMART (Healthy, Independent, Active, Productive, and Dignified) seniors through seven dimensions of resilience: spiritual, physical, emotional, intellectual, social, professional vocational, and environmental dimensions. This research employs a descriptive qualitative approach, utilizing in-depth interviews, document studies, and observations for data collection. The findings indicate an increase in happiness among the elderly after participating in the Tangguh Elderly School (Selantang) program, according to the aspects investigated using the Psychological Well-Being (PWB) theory by Ryff and Singer (1996). However, the research also reveals that some participants have difficulty controlling their emotions, particularly in their relationships with family or close individuals, and that the overlap between regular health check-up schedules and the elderly school schedule results in some Selantang participants arriving late. Based on these issues, a program named "Touch of Love for the Elderly (Sekala)" is proposed. Keywords: The Increase, Happiness, Elderly, Elderly Schoo