Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "SHERLYNA DWINEU ASIYAH. NRP. 21.03.019."

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    Implementasi Program Keluarga Oleh Pendamping Dalam Pendidikan Anak Keluarga Penerima Manfaat di Desa Ciluncat, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung.
    (Perpustakaan, 2025-08-18) SHERLYNA DWINEU ASIYAH. NRP. 21.03.019.; Decky Irianti; Rosilawati
    ABSTRAK SHERLYNA DWINEU ASIYAH. 21.03.019. Implementasi Program Keluarga Oleh Pendamping Dalam Pendidikan Anak Keluarga Penerima Manfaat di Desa Ciluncat, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung. Pembimbing: Decky Irianti dan Rosilawati. Penelitian ini membahas tentang bagaimana pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) menjalankan perannya dalam mendukung pendidikan formal anak-anak dari keluarga penerima manfaat di Desa Ciluncat, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung. PKH sendiri merupakan bantuan sosial bersyarat yang tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga miskin, khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan. Penelitian ini dilakukan karena masih ada anak-anak dari keluarga penerima manfaat yang putus sekolah atau hampir putus sekolah, walaupun mereka sudah menerima bantuan dari PKH. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pendamping menjalankan tugasnya, dilihat dari aspek komunikasi, sumber daya yang ada, sikap pendamping itu sendiri, dan juga hubungan antar pihak yang terlibat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun para pendamping sudah berusaha menjalankan perannya dengan baik, masih ada kendala di lapangan, seperti masih adnya tantangan dalam menyampaikan informasi, keterbatasan akses dan sumber daya, sikap sebagian orang tua yang masih tidak terlalu mementingkan pendidikan anak dan proses birokrasi yang memakan waktu. Dari temuan ini, disarankan adanya penguatan kapasitas bagi pendamping dan kerjasama yang lebih solid antara sekolah, keluarga, dan pemerintah desa agar anak-anak penerima PKH bisa terus melanjutkan sekolahnya dengan lancar. Kata kunci: Program Keluarga Harapan, pendamping PKH, pendidikan formal anak.

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback