Browsing by Author "SINTIA SETIAWATI"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Perilaku Sosial Siswa dai Keluarga Broken Home di SMA Negeri 4 Kota Sukabumi.(Perpustakaan, 2024-03-15) SINTIA SETIAWATI; Epi Supiadi; Ahmad YaneriABSTRAK SINTIA SETIAWATI : Perilaku Sosial Siswa dai Keluarga Broken Home di SMA Negeri 4 Kota Sukabumi. Dosen Pembimbing : Epi Supiadi dan Ahmad Yaneri Perilaku sosial adalah bentuk interaksi yang dilakukan oleh individu dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupan keluarga maupun kehidupan disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang : 1) karakteritik informan, 2) kecenderungan perilaku peran, 3) kecenderungan perilaku hubungan sosial, dan 4) kecenderungan perilaku ekspresif. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Penentuan informan dengan menggunakan purposive sampling berjumlah 3 orang informan yang merupakan siswa yang mengalami broken home dan ada beberapa informan pendukung yang merupakan wali kelas dan teman dekat mereka. Adapun pemeriksaan keabsahan data yaitu menggunakan uji credibility (kredibilitas), uji transferability (keteralihan), dan uji depenability (audibility). Selanjutnya hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif yaitu pemrosesan satuan, kategorisasi dan penafsiran data. Hasil dari penelitian maka dapat diketahui bahwa permasalahan perilaku sosial siswa dari keluarga broken home adalah masalah akademik yang memuat tentang kurangnya motivasi belajar dan rendahnya penerimaan siswa dalam menerima pelajaran, masalah dengan lingkungan sosialnya memuat tentang emosional yang menyangkut tentang perilaku agresif yang ditampilkan siswa, dan maslah menutup diri memuat tentang perilaku informan menjadi mandiri yaitu menutup-nutupi permasalahannya. Rekomendasi program yang diperlukan sebagai alternatif pemecahan masalah adalah melalui kegiatan Young Development Camp untuk mendorong peningkatan potensi siswa sehingga mempunyai kemamapuan dalam memecahkan persoalan yang dihadapi di SMAN 4 Kota Sukabumi. Kata Kunci : Perilaku Sosial, Siswa, Broken Home