Browsing by Author "SITI HUWAIDAH SALWARIDHA IMRON, 19.04.114."
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Kelekatan Orangtua Dengan Anak Penyandang Disabilitas Sensorik Netra di Sekolah Luar Biasa (SLB) A Pembina Tingkat Nasional Jakarta,(Perpustakaan, 2024-02-22) SITI HUWAIDAH SALWARIDHA IMRON, 19.04.114.; Jumayar Marbun; Irniyati SamosirABSTRAK SITI HUWAIDAH SALWARIDHA IMRON, 19.04.114. Kelekatan Orangtua Dengan Anak Penyandang Disabilitas Sensorik Netra di Sekolah Luar Biasa (SLB) A Pembina Tingkat Nasional Jakarta, Pembimbing: Jumayar Marbun dan Irniyati Samosir. Orangtua sebagai pengasuh utama menentukan atau mempengaruhi pola kelekatan. Faktor kelahiran prematur dan penyakit dini juga dapat mempengaruhi pola kelekatan, sehingga kelekatan yang terjalin pada orangtua yang memiliki anak penyandang disabilitas sensorik netra dapat berbeda dengan kelekatan yang dimiliki oleh orangtua dengan anak pada umumnya. Penelitian ini dimaksudkan untuk menggambarkan secara mendalam tentang kelekatan orangtua dengan anak penyandang disabilitas sensorik netra meliputi aspek kepercayaan, komunikasi, dan keterasingan di Sekolah Luar Biasa (SLB) A Pembina Tingkat Nasional Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah tiga informan utama dan lima informan pendukung dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, obervasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa kelekatan orangtua dengan anak penyandang disabilitas sensorik netra di SLB A Pembina Tingkat Nasional Jakarta memiliki kelekatan yang aman (secure attachment), namun jika dilihat mendalam pada setiap aspeknya, masih terdapat aspek yang belum optimal yaitu pada aspek kepercayaan. Hal ini dibuktikan dalam aspek kepercayaan didapatkan bahwa orangtua dengan anak penyandang disabilitas sensorik netra di SLB A Pembina Tingkat Nasional Jakarta kurang percaya untuk membebaskan anak dalam bermain dengan teman sebayanya dan tidak boleh main yang jauh dari jangkauan pengawasan orangtuanya. Dengan indikator analisis permasalahan yaitu keterbatasan anak penyandang disabilitas sensorik netra dalam bermain bersama teman sebayanya dirumah dan terhambat dalam mencapai integrasi sosial dan pengembangan individu anak penyandang disabilitas sensorik netra, integrasi sosial yang dimaksud yaitu kemampuan anak untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Kata Kunci: Kelekatan; Orangtua; Anak Penyandang Disabilitas Sensorik Netra.