Browsing by Author "Sulistyary Ardiyantika"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Pola Asuh Pada Keluarga yang Memiliki Anak Penyandang Disabilitas Intelektual di Kelurahan Samata Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.(Perpustakaan, 2024-03-08) MUHAMMAD FAHMI MUBARAK, 19.02.048.; Meiti Subardhini; Sulistyary ArdiyantikaABSTRAK MUHAMMAD FAHMI MUBARAK, 19.02.048. Pola Asuh Pada Keluarga yang Memiliki Anak Penyandang Disabilitas Intelektual di Kelurahan Samata Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Dosen Pembimbing: Meiti Subardhini dan Sulistyary Ardiyantika Pola asuh adalah bentuk interaksi atau gambaran sikap maupun perilaku orangtua terhadap anak dengan memberikan perhatian kepada anak dan memberikan pengarahan agar anak mampu mencapai hal-hal yang diinginkan atau mencapai tugas-tugas perkembangannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Penentuan sumber data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik sensus sampling (sampling jenuh). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pola asuh keluarga pada aspek pengawasan atau kontrol, komunikasi, dan pendisiplinan terhadap anak penyandang disabilitas intelektual di Kelurahan Samata Kecamatan Somba Opu. Pola asuh keluarga terhadap anak penyandang disabilitas intelektual cukup baik dalam aspek pengawasan dan kontrol. Namun keluarga mengalami hambatan pada aspek komunikasi dan pendisiplinan. Orang tua kesulitan untuk membangun komunikasi terhadap anak penyandang disabilitas intelektual karena kondisi anak penyandang disabilitas intelektual yang terbata-bata saat berbicara bahkan belum mampu untuk berbicara. Pada aspek pendisiplinan, terdapat dua informan yang tidak melakukan pendisiplinan dengan alasan mereka bingung untuk menerapkan jadwal dan aturan kepada anak penyandang disabilitas intelektual sehingga sering terlihat anak penyandang disabilitas intelektual berperilaku sesuai dengan mood atau keinginannya. Merujuk dari permasalahan tersebut peneliti mengusulkan program Program peningkatan pengetahuan dan keterampilan keluarga dalam menerapkan Good Parenting kepada anak penyandang disabilitas intelektual melalui Educational Group (Kelompok Pendidikan). Kata Kunci: Pola Asuh, Keluarga, Anak Penyandang Disabilitas Intelektual ABSTRACT MUHAMMAD FAHMI MUBARAK, 19.02.048. Parenting Pattern for Families with Children with Intellectual Disabilities in Samata Village, Somba Opu District, Gowa Regency. Supervisor: Meiti Subardhini dan Sulistyary Ardiyantika Parenting is a form of interaction or a picture of parental attitudes and behavior towards children by giving attention to children and providing direction so that children are able to achieve the things they want or achieve their developmental tasks. This study used a qualitative approach with in-depth interviews, observation, and documentation studies. The determination of data sources in this study was carried out using a census sampling technique (saturated sampling). The purpose of this study was to determine the form of family parenting in the aspects of supervision or control, communication, and disciplining children with intellectual disabilities in Samata Village, Somba Opu District. Family parenting style for children with intellectual disabilities is quite good in terms of supervision and control. However, the family experienced obstacles in the aspects of communication and discipline. Parents find it difficult to build communication with children with intellectual disabilities because of the condition of children with intellectual disabilities who stammer when speaking and are not even able to speak. In the disciplinary aspect, there were two informants who did not carry out disciplinary action on the grounds that they were confused about applying schedules and rules to children with intellectual disabilities so that it was often seen that children with intellectual disabilities behaved according tomood or his wish. Referring to these problems, the researcher proposes a program to increase family knowledge and skills in implementing it Good Parenting to children with intellectual disabilities through Educational Group. Keywords: Parenting, Family, Children with Intellectual Disabilities