Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Tuti Kartika, Ph. D.,"

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    PENGARUH IMPLEMENTASI TEKNIK KOREKSI BERLEBIH DENGAN BERPUSAT PADA TUGAS TERHADAP PENURUNAN PERILAKU INDISIPLINER ANAK TERLANTAR DI SENTRA HANDAYANI JAKARTA
    (Perpustakaan, 2025-09-22) Dela Vinka Ariska NRP. 23.01.012; Susilawati, M. Si., Ph. D.,; Tuti Kartika, Ph. D.,
    DELA VINKA ARISKA. Pengaruh Implementasi Teknik Koreksi Berlebih Dengan Berpusat Pada Tugas Terhadap Penurunan Perilaku Indisipliner Anak Terlantar Di Sentra Handayani Jakarta. Dibimbing oleh Susilawati dan Tuti Kartika Penegakkan perilaku disiplin dengan menggunakan Teknik Koreksi berlebih dalam pengasuhan alternatif anak berbasis intitusi belum optimal. Desain Teknik Koreksi Berlebih dengan Berpusat pada Tugas telah dirancang untuk mengatasi kelemahan Teknik Koreksi Berlebih dengan penugasan yang menghasilkan penguatan positif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan desain teknik tersebut dalam menurunkan perilaku indisipliner anak terlantar yang mendapat asuhan alternatif. Penelitian ini menggunakan metode Single Subject Desain dengan tipe desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah anak terlantar usia 14-17 tahun yang mendapat asuhan alternatif di Sentra Handayani, berjumlah tiga orang. Perilaku indisipliner yang menjadi fokus pada penelitian ini yaitu perilaku tidak izin meninggalkan sentra; perilaku merokok; dan perilaku tidak izin meninggalkan pelajaran serta bimbingan sosial. Perilaku tersebut diukur dengan menelaah laporan kejadian yang diperkuat dengan wawancara kepada pekerja sosial pendamping anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bukti kecenderungan arah menurun pada hasil pengukuran dengan hasil perhitungan overlap pada subjek penelitian yaitu 16,6% dan 41%, 20% dan 20%, serta 13,3 dan 60%. Perhitungan tersebut bermakna bahwa Teknik Koreksi Berlebih dengan Berpusat pada Tugas efektif menurunkan frekuensi perilaku indisipliner. Hasil wawancara dengan Pekerja sosial pembina anak mengakui bahwa penggunaan teknik baru tersebut lebih berhasil menurunkan perilaku indisipliner daripada penggunaan teknik sebelumnya. Dengan demikian, teknik hasil rekayasa ini potensial digunakan oleh para pekerja sosial dalam penegakan disiplin dalam pengasuhan alternatif anak. Kata Kunci: Koreksi Berlebih, Berpusat pada Tugas, Perilaku Indisipliner, Anak Terlantar

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback