Browsing by Author "VINYTA RIZKY ANTIKA, NRP. 20.02.014,"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Hubungan Antara Strategi Pengasuhan dengan Kejenuhan Anak di Lingkungan Panti Al -Kautsar Lembang Bandung.(Perpustakaan, 2024-10-15) VINYTA RIZKY ANTIKA, NRP. 20.02.014,; TUKINO; SULISTYARY ARDIYANTIKAVINYTA RIZKY ANTIKA, NRP. 20.02.014, Hubungan Antara Strategi Pengasuhan dengan Kejenuhan Anak di Lingkungan Panti Al -Kautsar Lembang Bandung. Dosen Pembimbing : TUKINO dan SULISTYARY ARDIYANTIKA Anak merupakan individu yang rentan mengalami kejenuhan, terutama anak yang berada di panti maupun yayasan dan pesantren. Maka tidak heran apabila terdapat beberapa anak yang kabur atau melarikan diri dari panti maupun yayasan dan pesantren. Adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara strategi pengasuhan dengan kejenuhan anak di Lingkungan Panti Al – Kautsar Lembang Bandung. Karakteristik strategi pengasuhan meliputi aspek disiplin (discipline), pemantauan (monitoring), hadiah (reward), rutinitas sehari-hari (everyday routines), dan persiapan awal (prearming), sedangkan karakteristik kejenuhan meliputi aspek turunnya motivasi belajar; sulit berkonsentrasi; berkurangnya energi, merasa lemah, cepat lelah; meningkatnya kesalahan; kurang koordinasi; daya tangkap berkurang; tegang; dan mudah marah, sensitif. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah responden dalam penelitian sebanyak 27 orang. Teknik pengumpulan data melalui angket/kuesioner dan studi dokumentasi. Uji validitas dan reabilitas yang digunakan adalah validitas muka (Face Validity) dengan uji reabilitas menggunakan aplikasi SPSS 27.0 rumus Cronbach Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara strategi pengasuhan dengan kejenuhan anak di Lingkungan Panti Al-Kautsar Lembang Bandung terdapat hubungan yang kuat dengan perolehan skor pada setiap aspek yang bervariasi. Variabel strategi pengasuhan berada dalam kategori tinggi, sedangkan variabel kejenuhan belajar dalam kategori sedang. Pada variabel kejenuhan belajar, ditemukan beberapa aspek yang hasil skor aktualnya kurang maksimal. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka peneliti mengusulkan program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar anak-anak di Panti Al-Kautsar Lembang Bandung guna mengatasi kejenuhan belajar melalui program "Learn Smart Alka". Kata Kunci : Strategi Pengasuhan, Kejenuhan Anak, Panti Al-Kautsar Lembang Bandung. ABSTRACT VINYTA RIZKY ANTIKA, NRP. 20.02.014, The Relationship Between Parenting Strategies and Children's Fatigue in Al-Kautsar Orphanage Environment, Lembang Bandung. Supervisors : TUKINO and SULISTYARY ARDIYANTIKA Children are particularly vulnerable to experiencing burnout, especially those residing in orphanages, foundations, and boarding schools. It is not surprising, therefore, that some children may run away from these institutions. This study aims to examine the relationship between parenting strategies and child burnout at the Al-Kautsar Orphanage in Lembang, Bandung. The characteristics of parenting strategies include aspects such as discipline, monitoring, rewards, everyday routines, and prearming (preparing in advance), while the characteristics of burnout include decreased motivation to learn, difficulty concentrating, reduce d energy, feelings of weakness, quick fatigue, increased errors, lack of coordination, decreased comprehension, tension, and irritability. This research uses a quantitative approach. The number of respondents in the study was 27. Data collection techniques included questionnaires and document studies. Validity and reliability tests were conducted using face validity and reliability testing with the SPSS 27.0 application and the Cronbach's Alpha formula. The results showed a strong relationship between parenting strategies and child burnout at the Al-Kautsar Orphanage in Lembang, Bandung, with varying scores across different aspects. The parenting strategy variable was categorized as high, while the learning burnout variable was categorized as moderate. In the learning burnout variable, several aspects were found to have less than optimal actual scores. Based on these issues, the researcher proposed a program aimed at improving the learning quality of the children at the Al-Kautsar Orphanage in Lembang, Bandung, to address learning burnout through the "Learn Smart Alka" program. Keywords : Parenting Strategies, Children's Fatigue, Al-Kautsar Orphanage Lembang Bandung.