Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Vianti Yuanita, NRM. 21.03.009"

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK NETRA MELALUI PROGRAM SENTRA KREASI ATENSI (SKA) DI SENTRA WYATA GUNA KOTA BANDUNG
    (Perpustakaan, 2025-10-21) Vianti Yuanita, NRM. 21.03.009; Dr. Decky Irianti, MP; Rosilawati, S.Sos, MPS.Sp
    Vianti Yuanita, NRM. 21.03.009. Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Sensorik Netra Melalui Program Sentra Kreasi Atensi (SKA) di Sentra Wyata Guna Kota Bandung. Dibimbing oleh DECKY IRIANTI dan ROSILAWATI Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan program pemberdayaan bagi penyandang disabilitas sensorik netra melalui Sentra Kreasi ATENSI (SKA) di Sentra Wyata Guna Kota Bandung. Fokus penelitian diarahkan pada penerapan konsep pemberdayaan 5P menurut Edi Suharto, yaitu Pemungkinan, Penguatan (pengetahuan dan keterampilan), Perlindungan, Penyokongan (bimbingan dan dukungan), serta Pemeliharaan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi terhadap peserta program dan pihak terkait. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program SKA memberikan bimbingan pendidikan, pelatihan keterampilan vokasional seperti pijat dan barista, serta dukungan psikologis yang menekankan partisipasi aktif peserta dalam evaluasi dan pengambilan keputusan. Namun, kendala yang dihadapi antara lain rendahnya kesiapan peserta untuk mandiri setelah masa kontrak berakhir, yang dipengaruhi oleh keterampilan yang masih terbatas serta kecenderungan merasa nyaman berada di lingkungan Sentra. Kondisi tersebut menyebabkan tujuan program sebagai jembatan menuju kemandirian belum sepenuhnya tercapai. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa program SKA berperan penting dalam upaya pemberdayaan penyandang disabilitas sensorik netra, tetapi efektivitasnya masih terhambat oleh keterbatasan keterampilan peserta dan lemahnya dorongan kemandirian. Diperlukan rancangan program alternatif yang lebih adaptif untuk mendorong kemandirian pasca-pelatihan serta penguatan praktik pekerjaan sosial dalam konteks pemberdayaan penyandang disabilitas. Kata kunci: Pemberdayaan, Penyandang Disabilitas Sensorik Netra, Sentra Kreasi ATENSI (SKA)

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback