Browsing by Author "ANISA HILDA ROSANIA, 2004129."
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item PERAN PEKERJA SOSIAL PADA PROSES PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL DI SENTRA “NIPOTOWE” PALU.(Perpustakaan, 2024-10-16) ANISA HILDA ROSANIA, 2004129.; Suhendar; NurjanahABSTRAK ANISA HILDA ROSANIA, 2004129. PERAN PEKERJA SOSIAL PADA PROSES PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL DI SENTRA “NIPOTOWE” PALU. Pembimbing: Suhendar dan Nurjanah. Peran pekerja sosial pada proses pengembangan kemandirian penyandang disabilitas intelektual di Sentra “Nipotowe” Palu ditentukan oleh perilaku yang diharapkan oleh Sentra “Nipotowe” Palu terhadap pekerja sosialnya. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran: 1) Peran pekerja sosial sebagai pemungkin, 2) Peran pekerja sosial sebagai pendidik, 3) Peran pekerja sosial sebagai Pemberdaya, 4) Peran pekerja sosial sebagai group facilitator, dan 5) Peran pekerja sosial sebagai penghubung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian sebanyak lima orang yaitu: dua orang pekerja sosial, dua orang penerima manfaat,dan satu orang pengasuh. Penentuan informan menggunakan teknik Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Pemeriksa keabsahan data yang digunakan adalah: 1) Uji kredibilitas, 2) Uji Ketergantungan, 3) Uji Kepastian. Hasil penelitian menunjukan bahwa pekerja sosial sudah melaksanakan peran sebagai pendidik, pemungkin, pemberdaya, group facilitator, dan penghubung pada proses pengembangan kemandirian penyandang disabilitas intelektual di Sentra “Nipotowe” Palu. Namun terdapat hambatan dan kendala dari peran pekerja sosial pendidik dan pemungkin. Oleh karena itu diusulkan program “Pengembangan metode pembelajaran efektif terhadap pekerja sosial di Sentra “Nipotowe” Palu” dengan menggunakan metode social group work dengan tipe kelompok educational group. Kata kunci: Peran pekerja sosial, Kemandirian, Disabilitas Intelektual ABSTRACT ANISA HILDA ROSANIA, 2004129. THE ROLE OF SOCIAL WORKERS IN THE PROCESS OF DEVELOPING INDEPENDENCE OF PERSONS WITH INTELLECTUAL DISABILITIES IN THE "NIPOTOWE" CENTER, PALU. Supervisors: Suhendar and Nurjanah. The role of social workers in the process of developing independence for people with intellectual disabilities at the Palu "Nipotowe" Center is determined by the behavior that the Palu "Nipotowe" Center expects of its social workers. The aim of the research is to obtain an overview of: 1) The role of social workers as enablers, 2) The role of social workers as educators, 3) The role of social workers as empowerers, 4) The role of social workers as group facilitators, and 5) The role of social workers as liaisons. This research uses a descriptive method with a qualitative approach. There were five research informants, namely: two social workers, two beneficiaries and one caregiver. Determining informants using purposive techniques. Data collection techniques use in-depth interviews, observation and documentation studies. The data validity checks used are: 1) Credibility test, 2) Dependability test, 3) Confirmation test. The research results show that social workers have carried out their roles as educators, enablers, empowerers, group facilitators and liaisons in the process of developing independence for people with intellectual disabilities at the "Nipotowe" Center in Palu. However, there are obstacles and obstacles to the role of educational and enabling social workers. Therefore, the program "Development of effective learning methods for social workers at the "Nipotowe" Center in Palu" is proposed using the social group work method with an educational group type. Keywords: Role of social workers, independence, intellectual disability