Browsing by Author "Dieqa Irfan Iskandar, NRP. 21.04.193"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR ANTARA SISWA YANG AKTIF DAN TIDAK AKTIF DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 9 KOTA BANDUNG(Perpustakaan, 2025-10-19) Dieqa Irfan Iskandar, NRP. 21.04.193; Dr. Nurjanah, M.Pd; Drs. Ujang Muhyidin, S.E., M.PdDieqa Irfan Iskandar, NRP. 21.04.193. Perbedaan Motivasi Belajar Antara Siswa yang Aktif dan Tidak Aktif dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 9 Kota Bandung. Dibimbing oleh NURJANAH dan UJANG MUHYIDIN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar antara siswa yang aktif dan tidak aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 9 Bandung. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Sampel penelitian terdiri dari 80 siswa kelas 8, yang terbagi menjadi dua kelompok: 40 siswa aktif dan 40 siswa tidak aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler. Instrumen penelitian berupa angket skala Likert dengan 60 item pernyataan yang mencakup enam aspek motivasi belajar: ketekunan, keuletan, minat, kemandirian, kejenuhan terhadap tugas rutin, dan kemampuan memecahkan masalah. Analisis data dilakukan dengan uji t pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata motivasi belajar siswa aktif adalah 235,15, sedangkan siswa tidak aktif sebesar 204,88, dengan selisih mean 30,275. Nilai uji t = 8,314 dan signifikansi p < 0,001, sehingga H₀ ditolak dan H₁ diterima. Artinya, terdapat perbedaan signifikan antara motivasi belajar siswa aktif dan tidak aktif, dengan motivasi yang lebih tinggi pada siswa yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler. Temuan ini menunjukkan pentingnya peran kegiatan ekstrakurikuler dalam mendukung semangat belajar siswa. Penelitian ini juga mendukung kebijakan Permendikbud No. 62 Tahun 2014 mengenai pentingnya kegiatan ekstrakurikuler sebagai bagian dari pendidikan karakter dan pengembangan diri peserta didik. Kata Kunci : motivasi belajar, kegiatan ekstrakurikuler, siswa SMP