Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "GERRY TRIVALDA NURDIANTO, NRP. 21.04.196"

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN LIFE SKILLS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI PURWAKARTA
    (Perpustakaan, 2025-10-19) GERRY TRIVALDA NURDIANTO, NRP. 21.04.196; Dr. Nurjanah, M.Pd; Drs. Ujang Muhyidin, SE., M.Pd
    GERRY TRIVALDA NURDIANTO, NRP. 21.04.196. Peran Guru dalam Pengembangan Life Skills Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Purwakarta. Dosen Pembimbing NURJANAH dan UJANG MUHYIDIN Peran Guru dalam Pengembangan Life Skills Anak Berkebutuhan Khusus sangat dibutuhkan dalam pendidikan inklusif, sehingga siswa dapat mengembangkan life skills yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara empiris mengenai: 1) Karakteristik Informan, 2) Peran Guru sebagai Fasilitator , 3) Peran Guru sebagai Motivator, 4) Peran Guru sebagai Supervisor. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penentuan informan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 6 orang yaitu 3 orang Guru SLB, 2 orang Siswa ABK, dan 1 orang Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru dalam pengembangan life skills pada setiap aspek sudah cukup baik. Namun masih adanya kekurangan dalam aspek fasilitator dan aspek motivator, dalam hal ini kurangnya memaksimalkan perubahan perilaku siswa dan kurangnya kemampuan keterampilan life skills. Sehubungan dengan hal tersebut, maka penulis mengusulkan program “Peningkatan Kapasitas Guru dalam Life Skills” menggunakan metode social group work dengan tipe kelompok educational group. Program ini bertujuan untuk meningkatkan peran guru dalam life skills. Kata Kunci: Peran Guru, Life Skills, Anak Berkebutuhan Khusus

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback