Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "H. Eri Susanto, SIP, M. Eng"

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    PERILAKU ASERTIF SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 43 BANDUNG
    (Perpustakaan, 2025-10-21) Ryan Aditya Rahman, NRP. 21.04.232; Drs. Edi Suhanda, M. Si; H. Eri Susanto, SIP, M. Eng
    RYAN ADITYA RAHMAN: NRP 21.04.232. Perilaku Asertif Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 43 Bandung. Skripsi. 2025. Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) Bandung. Dosen pembimbing : Edi Suhanda dan Eri Susanto. Perilaku asertif adalah kemampuan seseorang mengungkapkan perasaan dan pikirannya dengan cara yang baik dan dapat diterima secara sosial dan digambarkan sebagai kemampuan untuk mengungkapkan pendapat, kebutuhan dan keinginan pribadi dengan mengingat dan menghargai individu lain. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran empiris tentang Perilaku asertif Siswa SMPN 43 Bandung, menyangkut aspek Mengungkapkan Perasaan Positif, Afirmasi Diri dan Mengungkapkan Perasaan Negatif. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah 318 siswa kelas VIII SMPN 43 Bandung. Teknik penarikan sampel menggunakan proporsional random sampling dengan sampel terpilih sebanyak 39 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan studi dokumentasi. Alat ukur menggunakan rating scale, uji validitas alat ukur menggunakan face validity dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus Cronbachs Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perilaku Asertif siswa SMPN 43 Bandung berada pada kategori sedang dengan skor 5.111. Aspek Mengungkapkan Perasaan Positif dengan skor 1.719 (73.46%) dan aspek Mengungkapkan Perasaan Negatif dengan skor 1.612 (68.88%) berada pada kategori sedang, sedangkan aspek Afirmasi Diri dengan skor 1.780 (76.07%) berada pada kategori tinggi. Perilaku Asertif siswa SMPN 43 Bandung perlu ditingkatkan, termasuk aspek Afirmasi diri meskipun sudah tinggi, namun belum optimal. Oleh karena itu, diusulkan “Program Asertif Training dalam meningkatkan Perilaku Asertif siswa SMPN 43 Bandung”. Kata kunci: Perilaku Asertif, Siswa, Asertif Training

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback