Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Meiti Subardhini, M.Si, Ph.D"

Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    IMPLEMENTASI TERAPI PERILAKU DENGAN METODE APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS (ABA) DALAM BANTU DIRI ANAK AUTISME DI OUR DREAM INDONESIA KECAMATAN CIBEUNYING KALER KOTA BANDUNG
    (Perpustakaan, 2025-10-26) ELMA MALIGA, NRM. 21.02.066; Meiti Subardhini, M.Si, Ph.D; Sinta Yulianti Suyono., S.Sos, MPS.Sp
    ELMA MALIGA, NRM. 21.02.066. Implementasi Terapi Perilaku Dengan Metode Applied Behavior Analysis (ABA) Dalam Bantu diri Anak Autisme Di Our Dream Indonesia Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung. Dibimbing oleh MEITI SUBARDHINI dan SINTA YULIANTI SUYONO Anak dengan autisme sering mengalami kesulitan dalam menjalankan aktivitas bantu diri secara mandiri, seperti berpakaian, mencuci tangan, atau buang air di toilet. Ketergantungan terhadap orang dewasa dalam aktivitas sehari-hari menjadi tantangan tersendiri bagi perkembangan kemandirian anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode terapi perilaku Applied Behavior Analysis (ABA) dapat meningkatkan kemampuan bantu diri pada anak autisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain Single Subject Research (SSR) model A-B-A. Subjek penelitian adalah seorang anak laki-laki berusia 11 tahun yang didiagnosis autisme dan merupakan siswa di lembaga Our Dream Indonesia. Intervensi dilakukan dalam tiga tahap, yaitu baseline awal (A1), tahap intervensi (B), dan baseline akhir (A2), dengan total 24 sesi selama satu bulan. Teknik analisis data menggunakan perhitungan persentase dan visualisasi grafik perkembangan keterampilan bantu diri. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan kemampuan bantu diri dari rata-rata 37,4% pada tahap A1 menjadi 89,17% pada tahap A2, yang mencerminkan efektivitas metode ABA dalam membentuk dan mempertahankan perilaku mandiri. Selain itu, hasil penelitian ini juga menegaskan pentingnya keterlibatan keluarga dalam menjaga konsistensi perilaku melalui strategi pembiasaan di rumah. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap praktik pekerjaan sosial dalam mendampingi anak berkebutuhan khusus, serta menjadi landasan bagi lembaga pendidikan inklusif untuk mengembangkan intervensi yang terstruktur dan berbasis bukti. Kata Kunci: Applied Behavior Analysis (ABA), Anak Autisme, Bantu Diri,Terapi Perilaku,
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    KEMANDIRIAN PENYANDANG DISABILITAS DI YAYASAN CAHAYA INKLUSI INDONESIA KOTA BANDUNG
    (Perpustakaan, 2025-10-26) MUHAMMAD RIZKI RIDWANNULLOH, NRP. 21.02.074; Meiti Subardhini, M.Si, Ph.D; Sinta Yulianti Suyono, M.PS.Sp
    MUHAMMAD RIZKI RIDWANNULLOH, NRP. 21.02.074. Kemandirian Penyandang Disabilitas Di Yayasan Cahaya Inklusi Indonesia Kota Bandung. Dosen Pembimbing : Meiti Subardhini, dan Sinta Yulianti Suyono. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran umum tentang kemandirian bagi penyandang disabilitas di Yayasan Cahaya Inklusi Indonesia Kota Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang: 1) Karakteristik responden, 2) kebutuhan dasar responden, 3) kesadaran akan kemandirian dalam aspek emosi, 3) kesadaran akan kemandirian dalam aspek ekenomi, 4) kesadaran akan kemandirian dalam aspek intelektual, 5) kesadaran akan kemandirian dalam aspek sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan sample dengan sasaran masing masing satu orang penyandang disabilitas dengan kedisabilitasan berbeda-beda mulai fisik, intelektual, mental, dan sensorik yang mengikuti pelatihan kemandirian di Yayasan Cahaya Inklusi Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner, wawancara tidak terstruktur, observasi dan studi dokumentasi. Rekomendasi program untuk pemecahan permasalahan yaitu Pengutan Aksesibilitas dan Inklusi Sosial, program ini berfokus pada peningkatan akses penyandang disabilitas terhadap lingkungan dan masyarakat. Yayasan Cahaya Inklusi Indonesia dapat berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memperluas jangkauan dan dampak program kemandirian. Kolaborasi dapat dilakukan dengan Pemerintah, Lembaga swadaya masyarakat (LSM), Perusahaan swasta. Suksesnya program kemandirian ini bergantung pada perencanaan yang matang, monitoring yang berkelanjutan, dan evaluasi berkala. Kata Kunci: Kemandirian, Penyandang Disabilitas

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback