Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Nike Vonika, M.Kesos"

Now showing 1 - 17 of 17
Results Per Page
Sort Options
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    DUKUNGAN SOSIAL PENGASUH DI PANTI YATIM INDONESIA KEBON KOPI CIMAHI
    (Perpustakaan, 2025-10-26) IVANA MARNADI ARITONANG, NRP. 21.04.121; Dr. Yana Sundayani, M.Pd; Nike Vonika, M.Kesos
    IVANA MARNADI ARITONANG, NRP. 21.04.121. Dukungan Sosial Pengasuh di Panti Yatim Indonesia Kebon Kopi Kota Cimahi. Dosen Pembimbing : Yana Sundayani dan Nike Vonika. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai Dukungan Sosial Pengasuh di Panti Yatim Indonesia (PYI) Kebon Kopi Kota Cimahi dan memperoleh gambaran mengenai karakteristik informan, aspek dukungan sosial yang diberikan pengasuh, faktor pendukung dalam pemberian dukungan sosial, faktor kendala dalam pemberian dukungan sosial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling untuk menentukan lima informan yang terdiri dari satu pengasuh, dua anak asuh, dan dua orang pengurus panti yaitu kepala cabang dan front office di (PYI) Kebon Kopi Kota Cimahi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasuh telah melaksanakan dan memberikan dukungan sosial yaitu dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan instrumental dan dukungan informatif. Faktor pendukung dalam pemberian dukungan sosial seperti pemberi dukungan, jenis dukungan, penerima dukungan dan lamanya pemberian dukungan. Selain itu, faktor kendala yaitu internal dan eksternal. Permasalahan yang ditemukan yaitu dalam pemberian dukungan emosional kurang berjalan secara maksimal ditunjukkan ketika anak memperlihatkan sikap yang terlalu mandiri dan tertutup. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengusulkan program optimalisasi dukungan sosial pengasuh dalam mendorong keterbukaan anak asuh. Kata Kunci : Dukungan Sosial, Pengasuh, Panti Yatim Indonesia Kebon Kopi Kota Cimahi.
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    EFIKASI DIRI ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI SENTRA HANDAYANI JAKARTA TIMUR
    (Perpustakaan, 2025-10-26) Alya Fauziyah, NRM. 21.04.072; Dr. Yana Sundayani, M.Pd; Nike Vonika, M.Kesos
    Alya Fauziyah, NRM. 21.04.072. Efikasi Diri Anak Berhadapan dengan Hukum di Sentra Handayani Jakarta. Dibimbing oleh Yana Sundayani dan Nike Vonika. Efikasi diri berperan besar dalam cara seseorang memandang tugas ataupun tantangan yang akan mempengaruhi kedepannya. Tujuan utama dari penelitian ini untuk memperoleh gambaran empirik secara menyeluruh mengenai kondisi efikasi diri pada anak yang berhadapan dengan hukum di Sentra Handayani Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada 25 ABH yang berada dalam status sebagai pelaku dan saat ini menjadi penerima manfaat di Sentra Handayani. Instrumen penelitian yang digunakan dirancang berdasarkan teori efikasi diri dari Bandura (1997) yang terdiri atas tiga aspek utama, yaitu aspek tingkat (level), aspek kekuatan (strength), dan aspek generalisasi (generality). Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa ABH yang berada di Sentra Handayani menunjukkan tingkat efikasi diri yang berada pada kategori sedang, sebagian besar anak menunjukkan keyakinan diri yang cukup baik dalam menghadapi tugas-tugas yang diberikan di sentra, walaupun masih terdapat tantangan dalam menyelesaikan tugas yang dianggap lebih sulit. Aspek kekuatan dalam kemampuan melaksanakan tugas yang diberikan di sentra, mayoritas responden menunjukkan pada kategori sedang. Aspek ini menempati posisi kedua tertinggi setelah aspek tingkat, yang mencerminkan bahwa ABH cenderung memiliki rasa percaya terhadap kemampuannya dirinya walaupun masih belum sepenuhnya. Aspek generalisasi menunjukan bahwa ABH cenderung masih mengalami keraguan dalam mengaplikasikan kemampuan yang mereka miliki ke dalam situasi-situasi yang berbeda. Penulis merancang suatu program yang bertujuan untuk meningkatkan efikasi diri ABH yaitu program Step Out. Kata Kunci: Efikasi Diri, Anak Berhadapan dengan Hukum, Sentra Handayani Jakarta
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    LAPORAN PRAKTIKUM INSTITUSI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ACTIVITY OF DAILY LIVING (ADL) KLIEN ”MKM” PENYANDANG DISABILITAS MENTAL DI SENTRA SATRIA BATURRADEN
    (Perpustakaan, 2024-10-23) Agil Maulana Adinata NRP.2104054; Nike Vonika, M.Kesos
    ABSTRAK
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    LAPORAN PRAKTIKUM INSTITUSI - PENINGKATAN SELF CONTROL DAN PEMBERIAN EDUKASI TENTANG PERTEMANAN YANG SEHAT DAN SUPPORTIF TERHADAP KLIEN “F” ANAK BERHADAPAN HUKUM DI SENTRA SATRIA DI BATURRADEN
    (Perpustakaan, 2024-10-29) Venti Kusumastuti NRP. 2104239; Nike Vonika, M.Kesos
    ABSTRAK
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    LAPORAN PRAKTIKUM INSTITUSI - PENINGKATAN SELF ESTEEM KLIEN B KORBAN PENYALAHGUNAAN NAPZA DI SENTRA SATRIA DI BATURRADEN
    (Perpustakaan, 2024-10-29) Rizcha Triniyulita Nainggolan NRP 2104273; Nike Vonika, M.Kesos
    ABSTRAK
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    LAPORAN PRAKTIKUM INSTITUSI - UPAYA MENINGKATKAN SELF RESILIENCE TERHADAP PROSES REHABILITASI KLIEN “WA” KORBAN PENYALAHGUNAAN NAPZA DI SENTRA SATRIA BATURRADEN
    (Perpustakaan, 2024-10-31) Nur Arsyi Aulia Fasya NRP : 2104262; Nike Vonika, M.Kesos
    ABSTRAK
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    LAPORAN PRAKTIKUM INSTITUSI MENINGKATKAN PENGENDALIAN DIRI DAN PENGUATAN PERAN SUAMI SERTA AYAH DALAM PENGELOLAAN EMOSI TERHADAP KLIEN “IN” PENYALAHGUNA NAPZA SENTRA SATRIA DI BATURRADEN
    (Perpustakaan, 2024-10-24) Siti Nur’aini Leksana NRP.2104254; Nike Vonika, M.Kesos
    ABSTRAK
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    LAPORAN PRAKTIKUM KOMUNITAS - PEMBENTUKAN FORUM DESA CIHERANG PEDULI DISABILITAS “DERANG PD” DI DESA CIHERANG KECAMATAN KADUGEDE KABUPATEN KUNINGAN
    (Perpustakaan, 2025-02-03) Yayang Dwi Lestari NRP. 21.04.152; Nike Vonika, M.Kesos
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    LAPORAN PRAKTIKUM LABORATORIUM (MAGANG) DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH PUSAT PELAYANAN SOSIAL GRIYA BINA KARYA CISARUA BANDUNG BARAT
    (Perpustakaan, 2025-08-16) Siti Annisaa Agustini, NRP. 2204174; Dr. Marzuki, M.Sc.; Nike Vonika, M.Kesos
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    LAPORAN PRAKTIKUM LABORATORIUM (MAGANG) DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH PUSAT PELAYANAN SOSIAL GRIYA BINA KARYA CISARUA KABUPATEN BANDUNG BARAT
    (Perpustakaan, 2025-08-26) Shakyla Velika Annisarahma Gunawan NRP. 22.04.117; Dr. Marjuki, MM.; Nike Vonika, M.Kesos
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    LAPORAN PRAKTIKUM LABORATORIUM (MAGANG) DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH PUSAT PELAYANAN SOSIAL “GRIYA BINA KARYA” CISARUA KABUPATEN BANDUNG BARAT
    (Perpustakaan, 2025-08-26) Alya Wiguna, NRP. 22.04.193; Dr. Marjuki, M.Sc; Nike Vonika, M.Kesos
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    LAPORAN PRAKTIKUM LABORATORIUM (MAGANG) PADA UPTD PUSAT PELAYANAN SOSIAL GRIYA BINA KARYA DI CISARUA KABUPATEN BANDUNG BARAT” YANG DILAKSANAKAN DI UPTD PUSAT PELAYANAN SOSIAL GRIYA BINA KARYA, CISARUA, KABUPATEN BANDUNG
    (Perpustakaan, 2025-08-16) Ira Ayuningtias, NRP. 2204126; Dr. Marjuki, M.Sc; Nike Vonika, M.Kesos
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    PELATIHAN VOKASIONAL UNTUK MENCAPAI KEMANDIRIAN ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI SENTRA HANDAYANI DI JAKARTA
    (Perpustakaan, 2025-09-22) Iffa Atlya Khairunnisa NRM. 21.04.075; Dr. Yana Sundayani, M.Pd; Nike Vonika, M.Kesos
    Iffa Atlya Khairunnisa, NRM. 21.04.075. Pelatihan Vokasional untuk Mencapai Kemandirian Anak Berhadapan dengan Hukum di Sentra Handayani di Jakarta. Dibimbing oleh YANA SUNDAYANI dan NIKE VONIKA. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran secara mendalam mengenai 1) proses pelaksanaan pelatihan vokasional untuk mencapai kemandirian anak berhadapan dengan hukum yang meliputi, kemandirian emosi, perilaku, dan nilai. 2) faktor pendukung serta 3) tantangan yang dihadapi dalam proses pelaksanaan pelatihan vokasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penentuan sumber data dalam penelitian menggunakan teknik purposif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dengan lima informan yang meliputi 2 anak berhadapan dengan hukum, 1 pekerja sosial dan 2 instruktur pelatihan vokasional, observasi di lapangan, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan vokasional dapat menjadi sarana untuk mencapai kemandirian dan melatih kemandirian emosi, perilaku dan nilai pada anak berhadapan dengan hukum melalui keterlibatan instruktur dan pekerja sosial, proses pembentukan kemandirian serta strategi yang digunakan oleh instruktur dalam melatih kemandirian. Keinginan dalam diri anak, lingkungan, pola asuh dan pendidikan menjadi faktor pendukung dalam prosesnya. Terdapat tantangan yang juga dihadapi yaitu kurangnya pendirian anak dalam memilih pelatihan secara konsisten, kurangnya antusias ketika mengikuti pelatihan dan kurangnya kemampuan anak untuk beradaptasi dengan pola kegiatan yang produktif. Program yang direkomendasikan adalah program “Kenali Minat Menuju Kemandirian (KENARI)” untuk meningkatkan kemandirian anak berhadapan dengan hukum dalam kemampuan pengambilan keputusan, antusiasme dan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan yang produktif. Kata Kunci: Pelatihan Vokasional, Kemandirian, Anak Berhadapan dengan Hukum
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    PERSEPSI SISWA TERHADAP PERUNDUNGAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 NOGOSARI BOYOLALI JAWA TENGAH
    (Perpustakaan, 2025-09-22) Atika Choiriyanti NRP. 21.04.175; Dr. Pribowo, M.Pd; Nike Vonika, M.Kesos
    Atika Choiriyanti, NRP. 21.04.175. Persepsi Siswa Terhadap Perundungan di SMP Negeri 1 Nogosari Kabupaten Boyolali. Dibimbing oleh PRIBOWO dan NIKE VONIKA. Persepsi adalah proses penerimaan informasi dari stimulus yang berasal dari lingkungan, yang kemudian dievaluasi dan diolah berdasarkan pengalam individu, kemudian mengevaluasi dan mengatur objek, kejadian atau pengetahuan yang diterima dari interpretasi informasi yang didapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi siswa tentang : 1) aspek kognisi siswa terhadap perundungan 2) aspek afeksi siswa terhadap perundungan 3) aspek konasi siswa terhadap perundungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah 81 responden yang diambil menggunakan proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : 1) kuesioner, 2) studi dokumentasi. Uji validitas alat ukur menggunakan validitas muka dan uji validitas bivariate serta uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap perundungan di SMP Negeri 1 Nogosari Kabupaten Boyolali berada pada kategori cukup mendekati kategori positif, penelitian ini didasarkan pada tiap aspek yang ada seperti kognisi, afeksi dan konasi. Pada aspek kognisi termasuk dalam interval positif dengan skor 4.719 dari skor maksimal 5.265, pada aspek afeksi termasuk dalam kategori positif dengan skor 6.331 dari skor maksimal 6.885 dan pada aspek konasi termasuk dalam kategori baik dengan skor 3.190 dari skor maksimal 3.645. Berdasarkan hasil dari penelitian, peneliti mengusulkan program dengan nama “SIGAP” (Siswa Siaga Perundungan). Tujuan dari pelaksanaan program ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan empati siswa di SMP Negeri 1 Nogosari Kabupaten Boyolali mengenai perundungan. Kata Kunci : Persepsi, Perundungan, Sekolah
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    PRAKTIKUM LABORATORIUM (MAGANG) DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH PUSAT PELAYANAN SOSIALGRIYA BINA KARYA CISARUA KABUPATEN BANDUNGG BARAT
    (Perpustakaan, 2025-08-20) Chandra Fah Roza NRP.2204103; Dr. Marjuki, M.Se; Nike Vonika, M.Kesos
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    RESILIENSI KLIEN PEMASYARAKATAN DALAM MENJALANI REINTEGRASI SOSIAL DI BALAI PEMASYARAKATAN KELAS I BANDUNG
    (Perpustakaan, 2025-09-22) ANDINI MAULINA, NRP. 21.04.234; Dra. Eni Rahayuningsih, MP; Nike Vonika, M.Kesos
    ANDINI MAULINA, NRP. 21.04.234. Resiliensi Klien Pemasyarakatan dalam Menjalani Reintegrasi Sosial di Balai Pemasyarakatan Kelas I Bandung. Dosen Pembimbing: ENI RAHAYUNINGSIH dan NIKE VONIKA. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan resiliensi Klien Pemasyarakatan dalam menjalani reintegrasi sosial di Balai Pemasyarakatan Kelas I Bandung yang meliputi aspek-aspek yaitu dukungan eksternal, kekuatan individu dan kemampuan interpersonal. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi non-partisipatif, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian meliputi Klien Pemasyarakatan dewasa sebanyak dua orang yang saat ini sedang mengikuti program pembebasan bersyarat dengan masa reintegrasi 2–12 bulan. Lokasi penelitian dilakukan di wilayah kerja Balai Pemasyarakatan Kelas I Bandung. Analisis data menggunakan teori resiliensi Grotberg (2003) yang mencakup tiga aspek utama: 1) dukungan eksternal (I Have), 2) kekuatan individu (I Am), dan 3) kemampuan interpersonal (I Can). Hasil penelitian menunjukkan bahwa resiliensi klien dipengaruhi oleh keterlibatan keluarga, peran pembimbing kemasyarakatan, serta kemampuan individu dalam mengelola emosi, berkomunikasi, dan membangun harapan masa depan. Kendala yang ditemukan meliputi minimnya keterlibatan masyarakat, belum optimalnya akses pekerjaan, serta kesulitan klien dalam mengekspresikan perasaan dan membangun koneksi sosial yang sehat. Penelitian ini menegaskan pentingnya pendekatan holistik dalam penguatan resiliensi klien melalui Intervensi Pekerjaan Sosial Koreksional yang berbasis individu dan lingkungan. Selain memperkaya literatur dalam bidang pekerjaan sosial, temuan ini juga relevan sebagai dasar Pengembangan Program Pendampingan yang berkelanjutan di Balai Pemasyarakatan. Kata Kunci: Resiliensi, Klien Pemasyarakatan, Reintegrasi Sosial
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    TINGKAT KEPUASAN ANAK ASUH PADA LAYANAN PENDAMPINGAN PEKERJA SOSIAL DI SATUAN PELAYANAN GRIYA RAMAH ANAK GARUT
    (Perpustakaan, 2025-10-19) Ilsya Zerlinda Gunawan, NRP. 21.04.123; Dr. Yana Sundayani, M.Pd; Nike Vonika, M.Kesos
    ILSYA ZERLINDA GUNAWAN, NRP. 21.04.123. Tingkat Kepuasan Anak Asuh terhadap Layanan Pendampingan Pekerja Sosial di Satuan Pelayanan Griya Ramah Anak Garut. Dibimbing oleh YANA SUNDAYANI dan NIKE VONIKA Kepuasan diartikan sebagai suatu perasaan senang atau tidak senang yang muncul setelah individu melakukan perbandingan antara layanan yang diterima dengan harapan yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai tingkat kepuasan anak asuh terhadap layanan pendampingan yang diberikan oleh pekerja sosial di Satuan Pelayanan Griya Ramah Anak Garut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan anak asuh berada pada kategori sedang dengan persentase 67%, yang terdiri dari relevansi layanan sebesar 67%, dampak layanan sebesar 69%, dan kesenangan sebesar 69%. Aspek relevansi layanan menunjukkan bahwa anak asuh merasa layanan pendampingan yang diberikan pekerja sosial sudah cukup sesuai dengan kebutuhan anak, namun metode pendampingan yang diterapkan belum sepenuhnya selaras dengan harapan anak. Aspek dampak mengindikasikan bahwa layanan pendampingan yang diberikan pekerja sosial telah memberikan manfaat positif yang cukup bagi anak, meskipun perilaku asertif anak masih tergolong rendah. Aspek kesenangan menunjukkan bahwa anak merasa cukup dilibatkan dalam kegiatan pendampingan serta merasa dihargai, namun masih terdapat kecenderungan anak untuk menyelesaikan permasalahan secara mandiri tanpa melibatkan pekerja sosial. Berdasarkan hasil tersebut, dirancang program “SAPA ANAK” yang difokuskan pada penguatan komunikasi asertif dan peningkatan partisipasi aktif anak dalam setiap kegiatan pendampingan. Kata Kunci : Kepuasan, Anak Asuh, dan Pendampingan Pekerja Sosial

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback