Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "POPON SUTARSIH"

Now showing 1 - 4 of 4
Results Per Page
Sort Options
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    Kualitas Pelayanan Sosial di Panti Asuhan Harapan Mulia Purwokerto Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah.
    (Perpustakaan, 2025-12-05) MEIZHA ZHAHRA, NRP. 21.04.277.; EDI SUHANDA; POPON SUTARSIH
    MEIZHA ZHAHRA, NRP. 21.04.277. Kualitas Pelayanan Sosial di Panti Asuhan Harapan Mulia Purwokerto Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah. Dibimbing oleh EDI SUHANDA dan POPON SUTARSIH Kualitas pelayanan sosial di panti asuhan merupakan aspek penting yang menentukan kesejahteraan anak asuh. Namun, dalam praktiknya masih terdapat berbagai kendala seperti keterbatasan sumber daya manusia dan manajemen pengasuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan sosial di Panti Asuhan Harapan Mulia Purwokerto dengan mengacu pada Standar Nasional Pengasuhan Anak sebagaimana tertuang dalam Permensos No. 30 Tahun 2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian terdiri dari kepala panti, pengasuh dan anak asuh. Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan sosial di panti asuhan tersebut secara umum sudah baik, ditunjukkan dengan hubungan yang harmonis antara pengasuh dan anak asuh serta terpenuhinya kebutuhan dasar. Meskipun demikian, ditemukan bahwa masih ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, terutama terkait kapasitas pengasuh dalam memberikan layanan yang lebih profesional. Berdasarkan temuan ini, peneliti menyimpulkan bahwa meskipun pelayanan telah berjalan dengan baik, diperlukan Program "Peningkatan Kapasitas Pengasuh di Panti Asuhan Harapan Mulia". Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Sosial, Kesejahteraan Anak Panti Asuhan
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    LAPORAN PRAKTIKUM INSTITUSI PENANGANAN KLIEN “UH” YANG KURANG BERSOSIALISASI DENGAN SESAMA PENERIMA MANFAAT DI SATUAN LAYANAN REHABILITASI SOSIAL GRIYA LANJUT USIA GARUT
    (Perpustakaan, 2024-10-24) Muhammad Nabil Arrafi NRP: 21.04.178; POPON SUTARSIH
    abstract
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    Peran Pekerja Sosial dalam Upaya Penanganan Gelandangan dan Pengemis di Unit Pelaksana Teknis Daerah Rumah Singgah Dinas Sosial Kota Bandung. Skripsi. 2024.
    (Perpustakaan, 2024-08-08) MEKHRAZ HIDAYATULLAH, 20.04.190.; KRISNA DEWI SETIANINGSIH; POPON SUTARSIH
    MEKHRAZ HIDAYATULLAH, 20.04.190. Peran Pekerja Sosial dalam Upaya Penanganan Gelandangan dan Pengemis di Unit Pelaksana Teknis Daerah Rumah Singgah Dinas Sosial Kota Bandung. Skripsi. 2024. Pembimbing KRISNA DEWI SETIANINGSIH dan POPON SUTARSIH. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh visualisasi empiris mengenai 1) Peran pekerja sosial pada tahap intake dalam menangani permasalahan gelandangan dan pengemis, 2) Peran pekerja sosial pada tahap assessment dalam menangani permasalahan gelandangan dan pengemis, 3) Peran pekerja sosial pada tahap intervensi dalam menangani permasalahan gelandangan dan pengemis, dan 5) Peran pekerja sosial pada tahap terminasi dalam menangani permasalahan gelandangan dan pengemis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan penggunaan pendekatan deskriptif. Penentuan sumber data secara purposive. Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yakni wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Keabsahan data diperiksa menggunakan uji kredibilitas triangulasi dan uji kebergantungan. Peneliti kemudian mereduksi data dan mendisplaykan hasil penelitian. Informan dalam penelitian ini melibatkan enam informan. Hasil penelitian menunjukkan peran-peran yang ditampilkan oleh pekerja sosial di UPTD Rumah Singgah Dinas Sosial Kota Bandung dalam melakukan pelayanan terhadap gelandangan dan pengemis sudah baik, akan tetapi tidak bisa terlepas dari permasalahan/kekurangan yang diperoleh faktual sesuai sub-problematik. Oleh karena itu peneliti merancang sebuah program bertajuk “Capacity Building: Penguatan Peran Pekerja Sosial UPTD Rumah Singgah Dinas Sosial Kota Bandung” yang merupakan alternatif pemecahan masalah yang bertujuan menguatkan kapasitas dan kapabilitas pekerja sosial UPTD Rumah Singgah. Kata Kunci: Peran Pekerja Sosial, Gelandangan dan Pengemis, Rumah Singgah
  • No Thumbnail Available
    Item
    Regulasi Emosi Penyandang Disabilitas Sensorik Netra di Panti Sosial Bina Netra dan Rungu Wicara Cahaya Batin Jakarta Timur
    (Perpustakaan, 2024-03-14) DESZA DANINDRA FISTA QUTUBUS SIKHA, 19.04.234.; BAMBANG INDRAKENTJANA; POPON SUTARSIH
    ABSTRAK DESZA DANINDRA FISTA QUTUBUS SIKHA, 19.04.234. Regulasi Emosi Penyandang Disabilitas Sensorik Netra di Panti Sosial Bina Netra dan Rungu Wicara Cahaya Batin Jakarta Timur, Dibimbing oleh BAMBANG INDRAKENTJANA DAN POPON SUTARSIH. Tujuan penelitian untuk memperoleh gambaran secara empiris tentang regulasi emosi penyandang disabilitas sensorik netra di Panti Sosial Bina Netra dan Rungu Wicara Cahaya Batin Jakarta Timur, yang mencakup aspek pemilihan situasi, modifikasi situasi, penyebaran perhatian, perubahan kognitif, dan modulasi respon. Penelitian menggunakan metode kuantitatif, dengan penyandang disabilitas sensorik netra sebagai sampel penelitian sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan observasi. Alat ukur penelitian yang digunakan adalah alat ukur skala Emotion Regulation Questionnaire (ERQ). Pengujian validitas alat ukur menggunakan validitas muka dan uji reliabilitas menggunakan metode Alpha Cronbach dengan hasil 0,652. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum regulasi emosi penyandang disabilitas sensorik netra di PSBNRW Cahaya Batin berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti memberikan rekomendasi alternatif program yaitu Program Pelatihan Regulasi Emosi Penyandang Disabilitas Sensorik Netra yang bertujuan untuk meningkatkan regulasi emosi penyandang disabilitas sensorik netra. Kata Kunci: Regulasi, Emosi, Penyandang Disabilitas, Disabilitas Sensorik, Disabilitas Sensorik Netra.

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback