Browsing by Author "Pribowo."
Now showing 1 - 3 of 3
Results Per Page
Sort Options
Item Desain Edukasi Kolaborasi Masyarakat dalam Pencegahan Perkawinan Anak di Kelurahan Cibadak Kabupaten Sukabumi.(Perpustakaan, 2024-08-29) SHAFIRA RATNASARI HUMAIRA, 2201002.; Bambang Rustanto.; Pribowo.SHAFIRA RATNASARI HUMAIRA, 2201002. Desain Edukasi Kolaborasi Masyarakat dalam Pencegahan Perkawinan Anak di Kelurahan Cibadak Kabupaten Sukabumi. Dosen Pembimbing : Bambang Rustanto. Pribowo. Perkawinan anak merujuk pada ikatan pernikahan di mana minimal satu dari kedua pasangan masih berusia di bawah 19 tahun, atau dapat dikategorikan sebagai anak anak atau remaja. Tingginya angka perkawinan anak disebabkan oleh berbagai faktor maka dari itu diperlukannya upaya untuk mencegah perkawinan anak terutama berbasis masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dan mengembangkan Desain Edukasi Kolaborasi Masyarakat sebagai upaya pencegahan perkawinan anak. Penelitian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) dan pendekatan kualitatif. Penentuan keabsahan data penelitian ini menggunakan uji credibility, uji transferability, uji depenability, dan uji confirmability. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, Focus Group Discussion (FGD), dan studi dokumentasi. Informan pada penelitian ini berjumlah 9 (Sembilan) orang yang merupakan perwakilan dari community leader di Kelurahan Cibadak. Hasil penelitian yakni masyarakat yang diwakili oleh community leader berkolaborasi untuk melakukan upaya pencegahan perkawinan anak dengan melaksanakan tahapan-tahapan kegiatan. Implikasi teoritis dalam penelitian ini adalah mewujudkan pengembangan masyarakat lokal dan kolaborasi masyarakat dengan melalui Desain Edukasi Kolaborasi Masyarakat dalam mencegah perkawinan anak. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah melaksanakan kegiatan berupa identifikasi community leader, pembentukan Tim Kerja Masyarakat yang terdiri dari berbagai unsur yang ada di masyarakat, pelatihan kepada Tim Kerja mengenai perkawinan anak, edukasi perkawinan anak yang dilakukan oleh Tim Kerja kepada masyarakat, pelaksanaan evaluasi proses dan evaluasi hasil, serta tindak lanjut dari hasil evaluasi. Kata Kunci: Perkawinan Anak, Edukasi, Kolaborasi Masyarakat. ABSTRACT SHAFIRA RATNASARI HUMAIRA, 2201002. Community Collaborative Education Design in Preventing Child Marriage in Cibadak Village, Sukabumi Regency. Supervisor : Bambang Rustanto. Pribowo. Child marriage refers to a marriage bond where at least one of the two partners is still under 19 years old, or can be categorized as a child or teenager. The high rate of child marriage is caused by various factors, therefore efforts are needed to prevent child marriage, especially community-based ones. This study aims to compile and develop a Community Collaborative Education Design as an effort to prevent child marriage. This study uses the Participatory Action Research (PAR) method and a qualitative approach. Determination of the validity of the research data uses credibility tests, transferability tests, dependability tests, and confirmability tests. Data collection techniques use interviews, observations, Focus Group Discussions (FGD), and documentation studies. The informants in this study numbered 9 (nine) people who were representatives of community leaders in Cibadak Village. The results of the study were that the community represented by community leaders collaborated to make efforts to prevent child marriage by carrying out stages of activity. The theoretical implications of this study are to realize local community development and community collaboration through Community Collaborative Education Design in preventing child marriage. The practical implications of this research are to carry out activities in the form of identifying community leaders, forming a Community Work Team consisting of various elements in the community, training the Work Team on child marriage, child marriage education carried out by the Work Team to the community, implementing process evaluations and results evaluations, and follow-up to the evaluation results. Keywords: Child Marriage, Education, Community Collaboration.Item Parenting Patterns for Children with Intellectual Disabilities in Kesamben Village, Kesamben District, Blitar Regency.(Perpustakaan, 2024-02-16) YENI ANGGRAINI 1904236; Endah Dwi Winarni; Pribowo.ABSTRACT YENI ANGGRAINI : Parenting Patterns for Children with Intellectual Disabilities in Kesamben Village, Kesamben District, Blitar Regency. Supervisor : Endah Dwi Winarni dan Pribowo. Parenting is the way parents educate, care for, and nurture children according to what parents consider good. This research aims to provide an empirical description of 1) parental control of children with intellectual disabilities 2) parental communication with children with intellectual disabilities 3) parental discipline for children with intellectual disabilities 4) parental support for children with intellectual disabilities 5) parental approach to children with intellectual disabilities. The method used a descriptive method with a qualitative approach. The data sources used are primary and secondary data sources. Determination of data sources in this research used purposive. The data collection techniques used: 1) in-depth interviews, 2) observation, 3) documentation studies. The validity check technique used data credibility test, data certainty test, and transferability. The results showed that the control exercised by the parents of the two subjects used a high tone and often took action in the form of pinching while one subject only gave advice. Support is also provided by parents in the form of material and emotional by providing therapy and affection through closeness which is often expressed by parents when children are at home. Disciplining is also often done by parents with the reason to improve the attitude of discipline in children. Communication by parents often encounters obstacles when children are young because they experience developmental delays. Key word : Parenting, Parents, Children with Disabilities, Intellectual Disabilities vii ABSTRAK YENI ANGGRAINI : Pola Asuh Orang Tua terhadap Anak Disabilitas Intelektual Di Desa Kesamben Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar. Dosen Pembimbing : Endah Dwi Winarni dan Pribowo. Pola asuh merupakan cara orang tuamendidik, merawat, serta mengasuh anak sesuai dengan apa yang dianggap baik oleh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara empiris tentang 1) control orang tua terhadap anak disabilitas intelektual 2) komunikasi orang tua terhadap anak disabilitas intelektual 3) pendisiplinan orang tua terhadap anak disabilitas intelektual 4) dukungan orang tua terhadap anak disabilitas intelektual 5) pendekatan orang tua terhadap anak disabilitas intelektual. Metode yang diguankan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Penentuan sumber data dalam penelitian ini menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : 1) wawancara mendalam, 2) observasi, 3) studi dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan menggunakan uji kredibilitas data, uji kepastian data, dan keteralihan. Hasil penelitian menunjukkan kontrol yang dilakukan oleh orang tua kedua subjek menggunkan nada tinggi dan tak jarang melakukan tindakan berupa mencubit sedangkan satu subjek hanya memberikan nasihat. Dukungan juga diberikan oleh orang tua berupa material dan emosional dengan memberikan terapi dan kasih sayang melalui Kedekatan yang sering kali diekspresikan oleh orang tua ketika anak berada di rumah. Pendisiplinan juga sering kali dilakukan oleh orang tua dengan alasan untuk meningkatkan sikap disiplin pada anak. Komunikasi oleh orang tua sering kali mendapati hambatan ketika anak masih kecil karena mengalami keterlambatan perkembangan. Kata Kunci : Pola Asuh, Orang Tua, Anak Disabilitas, Disabilitas IntelektualItem Penyesuaian diri anak asuh dalam mengikuti program pelayanan di satuan pelayanan griya ramah anak .Skripsi. Program Studi Pekerjaan Sosial Program Sarjana Terapan. Juli 2023.(Perpustakaan, 2024-03-15) MELISA ARITONANG, 19.04.254.; Endah Dwi Winarni; Pribowo.ABSTRAK MELISA ARITONANG, NRP. 19.04.254. Penyesuaian diri anak asuh dalam mengikuti program pelayanan di satuan pelayanan griya ramah anak .Skripsi. Program Studi Pekerjaan Sosial Program Sarjana Terapan. Juli 2023. Dosen Pembimbing Endah Dwi Winarni dan Pribowo. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai Karakteristik anak asuh yang menjadi informan peneliti, Penyesuaian diri pribadi anak asuh,Penyesuaian diri sosial anak asuh.Penelitan ini mengunakan metode deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Penentuan sumber data dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) wawancara mendalam,2)observasi, 3)studi dokumentasi.Pemeriksaan menggunakan keabsahan data menggunakan 1)kredibilitas (credibility), 2)objektivitas (comfirmability),3)reliabilitas (dependability).Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat anak asuh yang mengalami penyesuaian pribadi baik dalam penyesuaian pribadi maupun sosial.Penyesuaian pribadi, anak asuh mampu menerima kondisi fisik yang ada dan masih terdapat anak asuh yang mengalami masalah emosi dengan berkonsultasi dengan pihak pekerja sosial di satuan pelayanan griya ramah anak.Penyesuaian diri anak asuh terdapat anak asuh yang mengalami masalah dalam berinteraksi,memiliki hubungan yang kurang baik dengan petugas panti, keterlibatan dalam mengikuti program kegiatan dan ketaatan terhadap aturan yang ada dipanti.Penyesuaian diri anak asuh terdapat anak asuh yang mengalami masalah dalam berinteraksi,memiliki hubungan yang kurang baik dengan petugas panti, keterlibatan dalam mengikuti program kegiatan dan ketaatan terhadap aturan yang ada dipanti.Program yang ditawarkan oleh peneliti untuk mengatasi penyesuaian diri anak asuh adalah Meningkatkan Penyesuaian Anak Asuh Melalui Recration Skill Group pada anak asuh di Satuan Pelayanan Griya Ramah Anak Kota Bandung.Program ini bertujuan untuk meningkatkan penyesuaian diri anak asuh dalam mengikuti Program Pelayanan di Satuan Pelayanan Griya ramah anak Kota Bandung. Kata Kunci: Penyesuaian diri; Anak asuh;Program Pelayanan; Pekerja Sosial ;Sosial