Lecturer
Permanent URI for this community
Browse
Browsing Lecturer by Subject "KOMPETENSI ANAK JALANAN"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Desertasi SEKOLAH PASCA SARJANA UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 2011 - JUDUL : PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN KETERAMPILAN YKETR VOCACIONAL DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI ANAK JALANAN UNTUK MEMPEROLEH PEKERJAAN -(Perpustakaan, 2025-10-20) PRIBOWO NIM : 0808808Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurang efektifnya model pelatihan keterampilan vokasional yang selama ini dilakukan oleh Dinas Sosial Kota Bandung dalam penanganan anak jalanan. Mengacu pada kondisi tersebut, penelitian ini ditujukan untuk; (1) memperoleh gambaran tentang kondisi objektif pelatihan keterampilan vokasional anak jalanan yang dilakukan Dinas Sosial Kota Bandung, (2) menemukan model konseptual pengembangan pelatihan keterampilan vokasional dalam meningkatkan kompetensi anak jalanan untuk memperoleh pekerjaan, (3) mengimplementasikan pengembangan model pelatihan keterampilan vokasional dalam meningkatkan kompetensi anak jalanan untuk memperoleh pekerjaan, (4) mengevaluasi efektifitas model pelatihan keterampilan vokasional dalam meningkatkan kompetensi anak jalanan untuk memperoleh pekerjaan. Teori dan konsep yang dijadikan acuan dalam pelaksanaan penelitian meliputi; penelitian terdahulu yang relevan dengan masalah penelitian, hakekat pelatihan dalam peningkatan kompetensi anak jalanan, konsep pendidikan orang dewasa dan pengembangan kompetensi anak jalanan. Pendekatan yang ditempuh dalam penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development – R & D). Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Data dikumpulkan melalui observasi partisipasi, studi dokumentasi, wawancara, angket pretest posttest, dan diskusi kelompok. Subjek penelitian adalah anak jalanan sebagai warga belajar, fasilitator, penyelenggara program pelatihan keterampilan vokasional anak jalanan yaitu Dinas Sosial Kota Bandung. Teknik analisis data yang digunakan melalui analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pelatihan keterampilan vokasional yang ditawarkan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kompetensi anak jalanan dalam memperoleh pekerjaan, serta efektif dalam meningkatkan kompetensi anak jalanan untuk memperoleh pekerjaan. Terdapat empat hal dari pelaksanaan model pelatihan keterampilan vokasional yang berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi anak jalanan yaitu; agitasi, penyadaran, pengembangan diri dan peningkatan kapasitas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pelatihan keterampilan vokasional dapat diterima secara signifikan dalam meningkatkan kompetensi warga belajar untuk memperoleh pekerjaan dimana hal ini seiring dengan meningkatnya pengetahuan, keterampilan, serta adanya perubahan sikap positif warga belajar. Untuk itu direkomendasikan; (1) dalam menangani anak jalanan, hendaknya dapat mengimplementasikan model pelatihan keterampilan vokasional bagi anak jalanan yang ditawarkan dalam penelitian ini. (2) hendaknya dilakukan penelitian lebih lanjut dengan memperluas wilayah penelitian, dengan durasi waktu yang lebih lama agar dapat diperoelh hasil secara optimal.