Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Italiano
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Tiếng Việt
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Српски
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "AHMAD YANERI"

Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    Implementasi Peran Pekerja Sosial Di Sekolah Dalam Menangani Masalah Siswa Di SMKN 15 Kota Bandung.
    (Perpustakaan, 2024-09-07) ZAKIA AULIA ZAHRA, 20.04.034.; TUTI KARTIKA; AHMAD YANERI
    ZAKIA AULIA ZAHRA, 20.04.034. Implementasi Peran Pekerja Sosial Di Sekolah Dalam Menangani Masalah Siswa Di SMKN 15 Kota Bandung. Dosen Pembimbing TUTI KARTIKA dan AHMAD YANERI Remaja adalah masa peralihan dari anak-anak ke dewasa sehingga hak-hak harus terpenuhi seperti identitas, pendidikan, jaminan kesehatan dan hak-hak lainnya. Pendidikan adalah hak yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan remaja dan diperoleh agar seseorang mampu mengembangkan potensi, meningkatkan ilmu pengetahuan serta membentuk karakter. Remaja banyak mengalami permasalahan seperti masalah perilaku yang dialami siswa di sekolah yaitu masalah perilaku eksternal, masalah perilaku internal dan masalah sosial. Permasalahan tersebut menjadi perhatian, terutama untuk orang tua dan pihak sekolah. Pihak sekolah perlu memfasilitasi profesi-profesi yang dapat membantu seperti pekerja sosial, psikolog, guru bk dan profesi lainnya. Disini pekerja sosial ikut berperan untuk menangani siswa yang memiliki permasalahan di sekolah yang dapat menghambat dan mengganggu aktivitas pembelajaran. SMKN 15 Kota Bandung merupakan salah satu sekolah yang memiliki pekerja sosial untuk membantu menangani permasalahan yang dialami siswa. Peneliti berharap penelitian ini dapat menambah sumbangsih bagi ilmu pengetahuan khususnya untuk pekerjaan sosial bidang pendidikan dan ilmu kesejahteraan sosial dan kepada masyarakat luas. Penelitian ini memfokuskan mengenai implementasi peran pekerja sosial di sekolah dalam menangani masalah siswa di SMKN 15 Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai : (1) implementasi peran pekerja sosial sebagai konselor (2) implementasi peran pekerja sosial sebagai pendidik dan (3) implementasi peran pekerja sosial sebagai penghubung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah pekerja sosial dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses implementasi peran pekerja sosial sebagai konselor, pendidik dan penghubung berjalan dengan cukup lancar, meski demikian terdapat beberapa hambatan. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa pekerja sosial memerlukan peningkatan kapasitas untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya. Peningkatan kapasitas bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan pekerja sosial dalam menangani siswa. Hal tersebut melatarbelakangi peneliti dalam membuat usulan program mengenai peningkatan kapasitas pekerja sosial. Kata Kunci : Peran, Pekerja Sosial Sekolah, Siswa ABSTRACT ZAKIA AULIA ZAHRA, 20.04.034. Implementation The Role of School Social Worker in Handling Student Problems in SMKN 15 Bandung. Supervisors TUTI KARTIKA and AHMAD YANERI Teenager is a transition period from children to adults so rights must be fulfilled such as identity, education, health insurance and other rights. Education is a very important right in the growth and development of adolescents and is obtained so that a person is able to develop potential, increase knowledge and form character. Teenagers experience many problems such as behavioral problems experienced by students at school, namely external behavioral problems, internal behavioral problems and social problems. This problem is a concern, especially for parents and school officials. Schools need to facilitate professions that can help, such as social workers, psychologists, guidance counselors and other professions. Here, social workers play a role in dealing with students who have problems at school that can hinder and disrupt learning activities. SMKN 15 Bandung City is one of the schools that has social workers to help deal with problems experienced by students. Researchers hope that this research can add contributions to science, especially to social work in the fields of education and social welfare science and to the wider community. This research focuses on implementing the role of social workers in schools in dealing with student problems at SMKN 15 Bandung City. This research aims to obtain an overview of: (1) implementation of the role of social workers as counselors (2) implementation of the role of social workers as educators and (3) implementation of the role of social workers as liaisons. This research uses a descriptive method with a qualitative approach. The informants in this research were social workers and students. The data collection techniques used were interviews, observation and documentation studies. The research results showed that the process of implementing the role of social workers as counselors, educators and liaisons went quite smoothly, although there were several obstacles. Based on the research results, researchers concluded that social workers need capacity building to develop their knowledge and skills. Capacity building aims to develop the knowledge and skills of social workers in dealing with students. This is the background for researchers in making program proposals regarding increasing the capacity of social workers. Keywords : Role, School Social Worker, Student
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    Penerimaan Diri Remaja dengan Human Immunodeficiency Virus/ Aquired Immunideficiency Syndrome di Kota Bandung,
    (Perpustakaan, 2024-09-10) BERLIANA DWI NUR GEONANDA, NRP. 20.04.331.; TUTI KARTIKA; AHMAD YANERI
    BERLIANA DWI NUR GEONANDA, NRP. 20.04.331. Self-Acceptance of Adolescents with Human Immunodeficiency Virus/ Aquired Immunideficiency Syndromein the City of Bandung, Supervisors: TUTI KARTIKA and AHMAD YANERI Self-acceptance is a form of a person's satisfaction with himself which is characterized by understanding himself, being able to overcome his circumstances, being able to show a positive attitude within himself, and being able to continue to develop with existing circumstances through realistic expectations. The cumulative number of HIV cases in Bandung City is increasing over time, originating from various groups, including teenagers. This research was conducted to determine the description of adolescents self-acceptance regarding their HIV positive status through: 1) Self-Understanding, 2) How to Cope with Situations, 3) Positive Attitudes, and 4) Realistic Expectations. This research is descriptive qualitative research with a phenomological approach. The informants in this study were 6 (six) people selected using purposive sampling techniques, with details of 4 (four) HIV positive teenagers aged between 15-24 yearsand2(two) peoplearound the teenagersas supporting informants. Thedata collection techniques used were in-depth interviews, observation and documentation studies. The research results show that adolescents' selfacceptance of their HIV positive status has not been realized optimally. This is because teenagers' understanding of HIV/AIDS is still not optimal, there is a lack of intensity in meeting teenagers with peer support groups (KDS), and there is still stigma and discrimination so that teenagers do not fully accept their positive status. Based on the existing problems, researchers propose a program to increase adolescents' self-acceptance through increasing adolescents' understandingofHIV/AIDS, increasingthe intensityofadolescents' meetings with KDS,andincreasing support fromfellowadolescentsaspeers. Keywords: Self-Acceptance, Adolescents,HIV/ AIDS ABSTRAK BERLIANA DWI NUR GEONANDA, NRP. 20.04.331. Penerimaan Diri Remaja dengan Human Immunodeficiency Virus/ Aquired Immunideficiency Syndrome di Kota Bandung, Dosen Pembimbing: TUTI KARTIKA dan AHMAD YANERI. Penerimaan diri adalah suatu bentuk kepuasan seseorang terhadap dirinya sendiri yang ditandai dengan pemahaman akan diri sendiri, dapat mengatasi keadaannya, dapat menunjukkan sikap positif dalam dirinya, dan dapat terus berkembang dengan keadaan yang ada melalui harapan yang realistis. Jumlah kasus kumulatif HIV di Kota Bandung semakin lama semakin meningkat dari berbagai golongan termasuk remaja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran penerimaandiriremajaterhadapstatuspositifHIVmelalui:1)PemahamanDiri,2) CaraMengatasiKeadaan, 3)SikapPositif, dan4)Harapan Realistis.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomologis. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 (enam) orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dengan rincian 4 (empat) remaja dengan status positif HIV berusia antara 15-24 tahun dan 2 (dua) orang di sekitar remaja sebagai informan pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan diri remaja terhadap status positif HIV yang dimilikinya belum terealisasi dengan maksimal. Hal ini dikarenakan pemahaman remaja akan HIV/AIDS masih belum optimal, kurangnya intensitas pertemuan remaja dengan kelompok dukungan sebaya (KDS), serta masih terdapat stigma dan diskriminasi sehingga membuat remaja belum sepenuhnya menerima status positif dalam diri mereka. Berdasarkan permasalahan yang ada maka peneliti mengusulkan suatu program untuk meningkatkan penerimaan diri remaja melalui peningkatan pemahaman remaja terkait HIV/AIDS, penambahan intensitas pertemuan remaja dengan KDS, serta peningkatan dukungan sesama remaja sebagaitemansebaya. Kata Kunci: Penerimaan Diri, Remaja, HIV/ AIDS

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback